Berikut Kiat - kiat Melawan Berita Hoaks

Senin, 22 November 2021

TRANSMEDIARIAU.com - Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kabupaten/Kota dari Aceh hingga Lampung. 

4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain Kecakapan Digital, Keamanan Digital, Etika Digital dan Budaya Digital.

Sebagai Keynote Speaker Gubernur Provinsi Riau yaitu, Drs. H. Syamsuar, MSi dan Presiden RI Jokowi memberikan sambutan pula dalam mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.

Webinar membahas tentang KIAT - KIAT MELAWAN HOAKS oleh para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session, Sabtu (20/11/2021) sekira pukul 13.00 WIB di Pelalawan.

Berita bohong atau hoaks adalah informasi yang sesungguhnya tidak benar, tetapi dibuat seolah-olah benar adanya. Hal ini tidak sama dengan rumor, ilmu semu, atau berita palsu, maupun April Mop. Tujuan dari berita bohong adalah membuat masyarakat merasa tidak aman, tidak nyaman, dan kebingungan. 

Dr. Ahmad Zakiyuddin, S.IP M.Ikom sebagai Ketua Umum Perhumani mengatakan, jejak digital adalah tapak data yang tertinggal setelah berselancar di internet yaitu data yang secara sengaja atau tidak sengaja dibuat dan ditinggalkan oleh pengguna. 

"Pentingnya jejak digital karena, dapat mengungkapkan banyak hal tentang seseorang. Berperan penting dalam dunia kerja, dapat membantu memperkuat potensi, ataupun sebaliknya, dan dapat dimanfaatkan oleh pihak - pihak tertentu," tambahnya.

"Langkah menjaga jejak digital agar tetap bersih diantaranya, periksa ketersediaan informasi pribadi di internet, menghapus, menonaktifkan akun media sosial, akun belanja, dan menggunakan mode samaran saat browsing di internet," ujarnya.

Dengan munculnya teknologi informasi digital, aksesibilitas data akan lebih tinggi. Untuk mencari informasi tidak perlu datang langsung ke tempat atau membeli buku, informasinya mudah dan praktis didapatkan melalui internet. Dalam kehidupan tidak jarang kita harus mengirim data atau informasi ke tempat yang jauh.

Menurut Bang Indra Muin sebagai Sekretaris Kominfo Lampung Barat mengatakan, literasi digital ialah seperangkat kemampuan menggunakan teknologi untuk menemukan, mengevaluasi, memanfaatkan, membuat, dan mengkomunikasikan informasi dengan kecakapan kognitif maupun teknikal. Tujuannya untuk membangun karakter anak didik dalam menghadapi pendidikan era 4.0 dan mencegah hoax pada anak didik. 

Key Opinion Leader oleh Desisca sebagai Professional Dancer menambahkan, kita harus berhati-hati dalam ruang digital yang segala sesuatunya dapat kita akses dengan cepat dan mudah. Kita harus memeriksa lagi apakah informasi yang kita dapatkan dari sumber yang tepat dan jelas.