Bupati Inhu Tinjau Abrasi Sungai Indragiri

Senin, 22 November 2021

TRANSMEDIARIAU.COM, INHU -  Bupati Indragiri Hulu (Inhu) Rezita Meylani Yopi meninjau langsung lokasi abrasi sungai Indragiri di Desa Petalongan Kecamatan Pasir Penyu, Senin sore 22 November 2021. 

Saat tiba di lokasi, Bupati berdiskusi dengan masyarakat dan instansi terkait untuk mendapat informasi terkait longsornya badan jalan tersebut. Dari peninjauan terlihat abrasi sungai telah mengakibatkan longsor dan memakan setengah badan jalan dengan panjang sekira 300 meter. Hal ini mengakibatkan lalu lintas di desa itu menjadi terganggu.

Menanggapi berbagai masukan dan saran dari berbagai pihak,  Bupati mengatakan akan secepatnya melakukan pengalihan jalan sehingga maayarakat tidak lagi melalui jalan yang  longsor tersebut. Bahkan akan menyampaikan ke kementerian PUPR supaya dibangun turap di daerah tersebut.

"Kondisi ini akan segera dilaporkan ke  Kementerian PUPR dan instansi terkait di Provinsi Riau," katanya.

Bupati menjelaskan, pemerintah bersama LAM Inhu selama dua hari (20/11-21/11) sudah memetakan 26  titik yang terkena abrasi disepanjang sungai Indragiri dan sudah mengajukan pembangunan turap ke Sekjen PUPR.

Pemerintah bersama LAM Inhu juga akan melakukan penanaman sejuta pohon agar tebing di sekitar sungai Indragiri bisa terlindungi dan terhindar dari bahaya longsor.

Untuk itu, Bupati menghimbau kepada masyarakat agar bersama-sama menjaga lingkungan sungai dengan baik. Sehingga sungai Indragiri dapat terhindar dari abrasi yang lebih parah di kemudian hari.

Pada saat peninjauan Bupati didampingi oleh Kadis Kominfo Jawalter, Kadis Kesehatan Elis Julinarti, Kepala KPBD Ergusfian, Plt. Kadis LH Joni Mariyanto, Plt. Kadis PUPR Bobi Mauliantino, Plt. Kasatpol PP Setiyo Sudibyo dan Ketua LAM Inhu Marwan MR.

Reporter : Arlendi