Masyarakat Digital Harus Bijak Gunakan Internet

Jumat, 22 Oktober 2021

TRANSMEDIARIAU.com - Dalam mencapai target 50 juta masyarakat Indonesia untuk mendapatkan Literasi di bidang Digital hingga 2024 oleh Presiden Jokowi, Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kabupaten/Kota dari Aceh hingga Lampung. 

Kecakapan Digital, Keamanan Digital, Etika Digital dan Budaya Digital merupakan 4 (empat) pilar yang diberikan dalam kegiatan webinar Literasi Digital 2021.

Gubernur Provinsi Riau yaitu, Drs. H. Syamsuar, MSi menjadi keynote speaker dalam webinar dengan tema besar MASYARAKAT DIGITAL yang dipaparkan oleh para narasumber nasional dan lokal yang mempunyai kompetensi di bidangnya serta seorang Key Opinion Leader yang memberikan sharing session diakhir webinar.

Menurut Roni Pasla S.Kom M.Kom Pembina Osis SMAN 1 Bangkinang Kota mengatakan, budaya dan etika digital adalah suatu konsep norma perilaku yang tepat dan bertanggungjawab terkait dengan cara menggunakan teknologi. Etika digital ini sangat penting untuk memberikan keamanan terhadap sesama pengguna teknologi. 

Komunikasi digital merupakan salah satu jenis komunikasi yang berkembang dengan pesat saat ini dimana isu etika komunikasi digital menjadi salah satu hal yang sering dibahas. 

"Cara menyampaikan informasi dan komunikasi di dunia digital merupakan subjek yang diajak berkomunikasi kita adalah manusia. Manusia tentu saja memiliki perasaan dan juga kemampuan berasumsi," ujar Roni, Jumat (22/10/2021) sekira pukul 09.00 WIB.

Oleh karenanya, jangan sekali-sekali menganggap bahwa apa yang kita lakukan melalui proses komunikasi digital itu tidak akan memberikan suatu dampak tertentu.

Indra Muin sebagai Sekretaris Kominfo Lampung Barat memaparkan tentang keamanan internet menjadi sesuatu yang sangat penting dan tidak bisa disepelekan. Terjadinya kasus-kasus mengenai kejahatan dan ketidakamanan di internet, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) Republik Indonesia membuat program kegiatan Internet Sehat dan Aman (INSAN).

Lanjutnya, progam ini mensosialisasikan penggunaan internet secara sehat dan aman melalui pembelajaran etika berinternet secara sehat dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat. 

"Program INSAN diselenggarakan dalam bentuk sosialisasi, roadshow dan forum diskusi dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat salah satu wujud nyatanya Kegiatan Webinar saat ini," ungkapnya.

Webinar diakhiri dengan key opinion leader, oleh Ferry Beat sebagai Beatbox dan Influencer yang memberikan sharing session, sebagai masyarakat digital kita jangan membagikan suatu informasi dengan tujuan mengadu domba atau memperkeruh suasana adalah hal yang kurang baik. Ada beban nilai moral yang sebenarnya dibawa pada saat kita melakukan hal ini.