Etika Digital Berikan Keamanan Terhadap Sesama Pengguna Teknologi

Kamis, 11 November 2021

TRANSMEDIARIAU.com - Bapak Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kabupaten/Kota dari Aceh hingga Lampung, Kamis (11/11/2021) sekira pukul 09.00 WIB.

4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.

Sebagai Keynote Speaker adalah Gubernur Provinsi Riau yaitu, Drs. H. Syamsuar, MSi yang memberikan sambutan pembuka dan dukungan penuh untuk Literasi Digital Kominfo 2021.

Webinar membahas tentang “SOPAN DAN BERADAB DI MEDIA SOSIAL” oleh para narasumber yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang influencer yang akan ikut berpartisipasi.

Irma R. Permadi, ST menjelaskan Medsos untuk sebuah media daring yang digunakan satu sama lain yang para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berinteraksi, berbagi dan menciptakan isi blog, jejaring sosial, dan lain sebagainya tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu serta relatif cepat terkoneksi di berbagai belahan dunia.

"Dengan positif di internet, kita sudah otomatis menjadi orang yang kreatif. Orang-orang kreatif di internet itu banyak sekali jenisnya yaitu, Mampu membedakan berita hoak dan berita yang benar, penghasilan dengan mengandalkan kreatifitas di internet, memiliki pemikiran yang terbuka dan luas serta bisa berperan dalam memajukan bangsa," ungkapnya.

Menurut Agustin Rahmawati, S.Psi MSi Psikolog menjelaskan rekam jejak digital merupakan segala rekaman atau bukti yang ditinggalkan setelah beraktivitas di internet dan terekam melalui komputer atau laptop.

"Jejak yang dapat ditinggalkan di internet meliputi, mencari dan berkunjung ke situs, aplikasi yang menggunakan GPS, like dan follow pada media sosial, mendengarkan musik online, nonton dan komen di youtube, games online, download aplikasi, pengiriman email, belanja online, serta tatap muka jarak jauh," ujarnya.

Roni Pasla, SKom MKom menjelaskan Etika digital adalah suatu konsep norma perilaku yang tepat dan bertanggungjawab terkait dengan cara menggunakan teknologi. Etika digital ini sangat penting untuk memberikan keamanan terhadap sesama pengguna teknologi. Komunikasi Digital merupakan salah satu jenis komunikasi yang berkembang dengan pesat saat ini dimana isu etika komunikasi digital menjadi salah satu hal yang sering dibahas. 

Menurut Citra Ayu, MPd menjelaskan bahasa menjadi satu hal yang penting dalam berkomunikasi. Dalam artian, bahasa ini sebagai simbol agar orang yang berkomunikasi saling memahami satu sama lain terkait maksud dan pesan yang ingin disampaikan. Dengan adanya bahasa, kita bisa menghindari miskomunikasi.

"Penggunaan bahasa yang baik dan benar di dunia digital dapat berupa ragam bahasa formal atau non formal, bergantung pada konteksnya. Maka, baik berarti sesuai konteks keadaan, sedangkan benar berarti sesuai aturan kebahasaan," ujarnya.

Diakhiri oleh Key Opinion Leader oleh Tenny Clemenstine sebagai Influencer, Tips sehat berinternet dengan cara, batasi waktu penggunaan gawa, perhatikan isi atau konten pada media sosial dengan teliti, jaga baik-baik data diri, hati-hati dalam membagikan informasi, dan perhatikan aspek etika dalam berinternet dengan sopan dan santun. 

Cara mengatasi dan berhenti dari kecanduan internet diantaranya, mengakui jika sedang berada dalam masalah kecanduan internet, batasi waktu main dan kenalkan konten-konten positif pada anak, jauhkan gawai setiap kali sedang bekerja atau nonaktifkan notifikasi, serta perlu peran orang tua dalam mengawasi anak menggunakan gawai.