Sekda Inhu Pimpin Rapat Persiapan Ekspedisi Bupati Telusuri DAS Indragiri

Jumat, 19 November 2021

TRANSMEDIARIAU.COM, INHU - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) Hendrizal memimpin rapat persiapan teknis Ekspedisi Bupati Inhu menyusuri Daerah Aliran Sungai (DAS) Indragiri di ruang rapat Narasinga Kantor Bupati, Jumat (19/11/21).

Sekda mengatakan kegiatan ekspedisi  bertujuan untuk memantau dan mendokumentasikan kondisi terkini tebing rawan abrasi sepanjang sungai indragiri.

Kegiatan penyusuran akan dimulai dari Batu Rizal Hulu sampai ke Kuala Cenaku menggunakan speed boat yang dijadwalkan selama dua hari dari tanggal 20-21 November 2021.

"Saya minta semua pihak harus membantu dan melakukan persiapan yang matang," katanya.

Adapun kegiatan Bupati Rezita dan rombongan juga dalam rangka menentukan titik-titik koordinat lokasi program penanaman sejuta pohon di sejumlah Kecamatan sepanjang daerah aliran sungai Indragiri.

Untuk itu, Sekda meminta kepada KPBD, PUPR, DLH dan Pemerintah Kecamatan serta organisasi kemasyarakatan di Inhu agar siap mensukseskan program yang dimaksud. Bahkan, Ia juga menekankan agar seluruh kebutuhan peralatan dan akomodasi segera dipersiapkan.

Kepala Kantor Penanggulangan Bencana Daerah (KPBD) Inhu Ergusfian mengatakan fasilitas yang dibutuhkan akan disiapkan dengan baik.

"Terutama speed boad dan perahu karet," ujarnya.

Sedangkan pihak Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) juga sudah menyatakan kesiapannya untuk membantu dan mensukseskan acara tersebut. Termasuk pernyataan dari sejumlah organisasi baik Pramuka, Karang Taruna, Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) yang siap untuk mensukseskan program pemerintah tersebut.

Selain itu, Kepala Dinas Kominfo Inhu Jawalter mengatakan siap mendukung publikasi kegiatan tersebut dengan menggandeng media ikut ke lokasi.


Reporter : Arlendi