Kapolres Inhu Turun ke Lokasi Temuan Puluhan Kubik Kayu llegal

Jumat, 19 November 2021

TRANSMEDIARIAU.COM INHU  - Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Indragiri Hulu Riau (Inhu), AKBP Bachtiar Alponso turun langsung ke lokasi ditemukannya sekitar 50 M3 (kubik) kayu olahan ilegal yang diduga hasil aktifitas illegal logging di kawasan hutan lindung Kerumutan.

Puluhan kubik kayu olahan tersebut ditemukan mengambang di kanal wilayah Desa Redang Kecamatan Rengat Barat dan beberapa kilometer dari lokasi tersebut tersebut ditemukan juga puluhan kubik kayu dalam bentuk papan. 

"Sementara ini, temuan kayu illegal berjumlah sekitar 50 kubik," kata Kapolres Inhu di lokasi temuan kayu, Rabu (17/11/21) malam.

Kapolres menjelaskan bahwa temuan kayu ini merupakan tindak lanjut Patroli udara yang dilakukan oleh Kapolda Riau pada hari Senin (15/11/21) yang lalu, bahwa ada temuan kayu diduga ilegal di sejumlah wilayah di Riau, termasuk Kabupaten Inhu.
Kemudian, Kapolres Inhu bergerak cepat untuk mencari titik temuan itu.

Tim Satreskrim Polres Inhu, dibawah pimpinan Kasat Reskrim, AKP Firman Fadhila melakukan penyelidikan dengan menelusuri kanal yang diduga menjadi jalur keluar masuknya para pelaku aktifitas illegal logging tersebut yang mengarah pada kawasan hutan lindung Kerumutan.

Benar saja, setelah dua hari satu malam penyelidikan tim menemukan puluhan kubik kayu olahan yang dirakit mengambang di kanal dengan panjang lebih kurang 300 meter, yang diduga akan dibawa ke luar lokasi.

Kemudian, beberapa kilometer dari lokasi tim juga menemukan tumpukan kayu olahan berbentuk papan di lokasi pengolahan kayu. Sehingga diperkirakan total seluruhnya mencapai 50 kubik.

"Untuk mengeluarkan Barang Bukti (BB) ke perairan sungai Indragiri wilayah Desa Redang membutuhkan waktu sekitar 10 jam," ucap Kapolres yang saat itu didampingi Kasat Reskrim Polres Inhu, Kasat Intelkam Polres Inhu, Kasat Samapta, KBO Intelkam Polres Inhu dan Kapolsek Rengat Barat  serta sejumlah personel.

Ketika puluhan kubik kayu itu ditemukan, lanjut Kapolres, tim tidak menemukan pelaku illegal logging di lokasi. Satreskrim Polres Inhu akan terus menyelidiki dan memburu para pelaku illegal logging tersebut dan untuk sementara semua BB akan diamankan di Mapolres Inhu.


Reporter : Arlendi