Memahami Pentingnya Data Pribadi di Era Digital

Kamis, 04 November 2021

TRANSMEDIARIAU.com - Dalam mencapai target 50 juta masyarakat Indonesia untuk mendapatkan Literasi di bidang Digital hingga 2024 oleh Presiden Jokowi, Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kabupaten/Kota dari Aceh hingga Lampung, Kamis (04/11/2021) sekira pukul 09.00 WIB.

Kecakapan Digital, Keamanan Digital, Etika Digital dan Budaya Digital merupakan 4 (empat) pilar yang diberikan dalam kegiatan webinar Literasi Digital 2021.

Gubernur Provinsi Riau Drs. H. Syamsuar, MSi menjadi keynote speaker dalam webinar dengan tema besar MEMAHAMI PENTINGNYA DATA PRIBADI yang dipaparkan oleh para nara sumber Nasional dan Lokal yang mempunyai kompetensi di bidangnya serta seorang Key Opinion Leader yang memberikan sharing session di akhir webinar.

Privasi dan data pribadi menjadi sebuah hal yang penting karena pengguna dalam jaringan tidak akan melakukan sebuah transaksi digital apabila merasa keamanan akan privasi dan data pribadinya terancam.

Dr. H.M. Dimyati Huda, M.Ag menjelaskan pada era global membuat kalangan milenial cenderung lebih bebas dalam berekspresi melalui media sosial, media digital telah merubah eksistensi kaum milenial dalam berinteraksi dan komunikasi. Internet yang dapat menjangkau verbal dan visual berperan penting dalam komunikasi dan interaksi, kebebasan informasi harus diimbangi dengan kompetensi dalam bermedia sosial.

Krisna Primanti, S.Pd, M.Pd Guru SMK Yapari Aktripa memaparkan informasi digital memiliki kelebihan diantaranya aksesibilitas data yang lebih tinggi, hemat waktu dan biaya, Jangkauan luas, Informasi utuh, keawetan data, lapangan kerja baru. Adapun memiliki kekurang ialah kejahatan internet, kesalahan digitalisasi, ketergantungan, plagiarisme, dan hoax. 

Muhammad Ifwandi, S.Pd menjelaskan etika menghargai karya orang lain di media sosial ialah memberi saran dan kritik yang membangun seperti jika ada kekurangan dalam suatu karya, berilah saran dan kritik yang sopan dan bersifat membangun bagi kreator atau pembuat karya. 

Webinar diakhiri dengan key opinion leader, oleh Chika Ve sebagai Musisi dan Influencer yang memberikan sharing session, memahami pentingnya data pribadi memang makin terasa penting di era digital ini. Ada beberapa kiat agar tetap bisa mengamankan data pribadi. Jangan pernah berbagi OTP atau password ke orang lain. Dan selalu mengganti kata sandi secara berkala.