Literasi Digital Meningkatkan Wawasan Kebangsaan

Rabu, 10 November 2021

TRANSMEDIARIAU.com - Dalam mencapai target 50 juta masyarakat Indonesia untuk mendapatkan Literasi di bidang Digital hingga 2024 oleh Presiden Jokowi, Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kabupaten/Kota dari Aceh hingga Lampung, Rabu (10/11/2021).

Kecakapan Digital, Keamanan Digital, Etika Digital dan Budaya Digital merupakan 4 (empat) pilar yang diberikan dalam kegiatan webinar Literasi Digital 2021.

Gubernur Riau Drs. H. Syamsuar, MSi menjadi keynote speaker dalam webinar dengan tema besar LITERASI DIGITAL DALAM MENINGKATKAN WAWASAN KEBANGSAAN yang dipaparkan oleh para nara sumber Nasional dan Lokal yang mempunyai kompetensi di bidangnya serta seorang Key Opinion Leader yang memberikan sharing session diakhir webinar.

Dalam literasi, digital memiliki peran yang cukup strategis dalam meningkatkan wawasan kebangsaan. Ada beberapa manfaat literasi digital seperti mencari dan memahami informasi terkini, meningkatkan kemapuan individu, memperluas dan mempermudah proses komunikasi, serta berpikir kritis, kreatif, dan inovatif dalam wawasan kebangsaan. 

Neneng Kurniati, S.Pd, M.Pd sebagai Wakil Kepala SMKN 1 Mempura Bidang Kurikulum menjelaskan kebebasan berekspresi adalah hak setiap orang untuk mencari, menerima dan menyebarkan informasi dan gagasan dalam bentuk apapun, dengan cara apapun. Ini termasuk ekspresi lisan, tercetak maupun melalui materi audiovisual, serta ekspresi budaya, artistik maupun politik. 

Dr. (Cand.) Siska Armawati Sufa, S.Sos., M.I.Kom. Dosen/Praktisi PR menjelaskan kejahatan siber ini bisa dikatakan lebih berbahaya dibandingkan phishing. Saat phishing mengarahkan calon korbannya untuk memberikan data, pharming akan mengarahkan mangsanya ke sebuah situs web palsu sebelum para korban menyadarinya. 

Kegiatan online baik itu browsing, streaming maupun download yang dilakukan secara baik dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku khususnya Undang-Undang
Informasi dan Transaksi Elektronik, menurut Hasan, M.Si Koordinator Divisi SDM dan Organisasi Bawaslu Provinsi Riau. 

Webinar diakhiri dengan Key Opinion Leader Nelly Carey sebagai Vocalist dan Influencer yang memberikan sharing session, literasi digital dalam meningkatkan wawasan kebangsaan, etika berkaitan dengan dua hal yakni norma dan hukum. 

Dalam hal tersebut maka bertautan dengan wawasan kebangsaan kebebasan belajar dan berinovasi dengan mandiri dan kreatif yang mampu menciptakan pendidikan yang menyenangkan, tidak hanya aspek pengetahuan dan keterampilan akan tetapi juga aspek pengembangan karakter sesuai dengan nilai-nilai bangsa Indonesia.