Jembatan Gantung Desa Pesajian Inhu Roboh

Jumat, 05 November 2021

TRANSMEDIARIAU.COM, INHU - Jembatan gantung yang menghubungkan Desa Pesajian dengan Desa Peladang dan desa lainnya di Kecamatan Batang Peranap Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), roboh.

Jembatan gantung sepanjang lebih kurang 350 meter yang membentang di atas Sungai Batang Peranap itu roboh diduga akibat tiang penyangga sudah lapuk dimakan usia. Ditambah lagi tanah di sekitar tiang penyangga sudah mengalami abrasi.

"Dari laporan warga yang saya terima, jembatan gantung menuju Desa Pesajian roboh pada Kamis (4/11/2021) sekitar pukul 13.30 WIB," ujar Ketua Komisi II DPRD Inhu, Dodi Irawan SHI kepada Transmediariau.com, Jumat (5/11/2021).

Dodi mengatakan, akibat jembatan roboh, warga dari Desa Pesajian menuju Desa Peladang dan desa lainnya harus menggunakan pompong. Untuk mengatasi kondisi ini, diharapkan pemerintah dapat membangun jembatan secara permanen. Karena selama ini, warga yang memiliki kendaraan roda empat terpaksa dititipkan di seberang atau tidak dapat dibawa pulang.

Selain itu, pemerintah juga diminta membenahi jalan alternatif menuju Desa Pesajian. Karena sejak tahun 2017 lalu, jalan menuju Desa Pesajian tidak berfungsi akibat tujuh titik gorong-gorong mengalami rusak.

Dari dua alternatif itu, sambungnya, lebih efektif untuk membenahi jalan alternatif. Karena, ketika melewati jalan alternatif hanya butuh waktu sekitar 20 menit. Sedangkan ketika melewati jembatan gantung butuh waktu sekitar dua jam.

"Ketika hal ini lambat ditangani, akan berdampak kepada perekonomian warga Desa Pesajian, terutama untuk mengeluarkan hasil pertanian seperti buah kepala sawit," tegas Dodi.

Reporter : Arlendi