Bupati Inhu Tinjau Pilkades Serentak

Rabu, 27 Oktober 2021

TRANSMEDIARIA.COM INHU -  Bupati Indragiri Hulu meninjau Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak  di empat Kecamatan diantaranya Kecamatan Seberida, kecamatan rengat barat, kecamatan lirik dan kecamatan Sei Lala, Selasa 27 Oktober 2021.

Tinjauan yang di lakukan Bupati  Rezita Meylani Yopi untuk memastikan kegiatan Pilkades Serentak. Dimana kegiatan Pilkades sebayak 64 Desa diantaranya 230 TPS di kabupaten Indragiri Hulu.

Ada 199 calon Kades laki - laki dan 16 calon Kades perempuan yang ikut berkompetisi. Namun, hanya beberapa kecamatan yang terjadwal di kunjungi Bupati Rezita yakni Seberida, Rengat Barat, Lirik dan Sei Lala.

" Kita sangat senang bisa terlaksana pada hari ini kegiatan Pilkades, harapannya bisa berjalan Dengan baik," Ucap Bupati.

Bupati menyampaikan, kegiatan Pilkades momen ini sangat berwarna, sekaligus kita di perhadapkan suasana Covid-19 tapi masyarakat antusias mengikuti dan terlihat sangat mematuhi Protokol kesehatan. Ini yang kita harapkan untuk bersama- sama melaksanakan aktivitas dengan taat mematuhi prokes dengan baik tutur, bupati.

Bupati menjelaskan dari hasil pantauannya, giat acara pemilihan pilkades berjalan dengan lancar, juga masyarakat berbong bondong datang ke TPS untuk memberikan Hak Suaranya. 

Bahkan bupati berdialog dengan salah seorang peserta pemilih, terlihat sangat menggambar suasana pemilihan berjalan dengan baik dari keluhan masyarakat yang datang tidak di temukan. Artinya pada suasana momen Pilkades berjalan denagan baik.

Kepala Dinas Kominfo Inhu Jawalter S mengatakan, semua OPD turun kelapangan, ada yang mendampingi Bupati, ada juga Wakil Bupati.

"Rombongan masing - masing menuju kecamatan yang telah di jadwalkan," ujarnya.

Sementara, Polres Indragiri Hulu
AKBP Bachtiar Alponso mengatakan, pihaknya telah menurunkan sebanyak 360 personel untuk  mengamankan pelaksanaan pemungutan suara Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak, 27 Oktober 2021 di 64 desa.

"Semua personel sudah mendapatkan arahan dan pembekalan, sehingga dapat bekerja optimal dilapangan," katanya.

Wakil Bupati Indragiri Hulu Junaidi Rachmat meninjau Pilkades Kecamatan Kelayang, Peranap, Batang Peranap.Pasir Penyu, sedangkan Sekretaris Daerah (Sekda) Hendrizal memantau perhitungan suara secara zoom meeting di Kantor Bupati.

Sedangkan, 360 personel atau 2/3 kekuatan Polres Inhu akan bersiaga di posko dan Tempat Pemungutan Suara (TPS) termasuk melakukan Pamatwil, Harkamtibmas.

"Untuk pengamanan 230 TPS dilaksanakan 133 personel," sebut Kapolres. 

Dalam kegiatan Pilkades Serentak, Wakil II Dewan Perwakilan Daerah ( DPRD ) Swardi Ritonga juga terlihat bersama Bupati dalam peninjauan,di desa Redang Kecamatan Rengat Barat.

Sebagaimana diketahui, rombongan Bupati Rezita Meylani Yopi beranjak dari Kantor Bupati sekira pukul 08.30 WIB, perjalanan diawali dari Rengat Barat menuju Seberida Desa Sersam, tiba sekira pukul 09.00 WIB. Lalu menuju Rengat Barat Desa Redang, setelah itu menuju Lirik tiba sekira pukul 11.00 WIB dan Sei Lala sekiran pukul 13.00 WIB. **