Audensi TNBT Inhu Ekspos Aset Daerah

Senin, 11 Oktober 2021

TRANSMEDIARIAU.COM INHU- Acara Ekspose Audeiensi  Balai Taman Nasional  Bukit Tiga Pulu (TNBT) Indragiri Hulu di hadiri Wakil Bupati H. Junaidi Rhamad bertempat  di Autorium Yopi Arianto  Senin 11/10/2021.

Acara Audiensi yang di lakukan  Kepala Balai Taman Nasional Bukit Tiga Puluh Fifin Arfiana Jogasara, S. Hut.M Si.Bertujuan, mengembangkan Aset Hutan dan Parawisata di Indragiri Hulu.

Dalam Acara hadir Wakil Ketua I DPRD Masrullah SP, Wakil Kapolres Kompol Zulfa Renaldo S.Ik.,M.Si Perwakilan Kodim   Danramil 04 Kapten Inf.H.B.Sitepu, Pengadilan Negeri kasubag PTIP Nas Arizal, SH, Kejaksaan Negeri Kasubsi Intel, Iskandar T, S.H serta camat Se- Indragiri Hulu.

"Hutan Salah Satu Aset besar di Inhu juga pariwisata  yang akan di kembangkan itu sudah Sebagai tanggung jawab kami," katanya.

Kemudia di sampaikan, Kekayaan Hutan sangat beragam harus kita jaga tentu ada dukungan dari Pemda Inhu dan semua pihak, Misalnya  ribuan flora dan fauna, keragaman hayati, suku pedalaman dengan segenap seni dan budayanya yang ada dalam kawasan dan bahkan sepanjang jalan menuju TNBT ada sejumlah objek wisata berkelas nasional.

"TNBT menjadi potensi objek wisata lokal, nasional dan dunia, berbagai aset yang bernilai tinggi ada didalamnya, untuk itu penting kemitraan dalam pengelolaannya," katanya.

Keaneka ragaman hayati, masyarakat tradisional yang hidup di dalamnya, selama ini menjadi perhatian dunia. Pihak Balai TNBT memprogramkan tiga pilar utama misalnya perlindungan, yakni dengan berupaya secara maksimal dalam melindungi keragaman hayati dikawasan dan dalam TNBT.

Untuk mewujudkannya, tentu membutuhkan mitra kerja sama untuk menguatkan potensi yang ada, agar lebih baik terutama dalam memajukan objek wisata yang ada tersebut.

Pada kesempatan itu, Wakil Bupati Indragiri Hulu Junaidi Rachmat mengatakan, langkah menuju bersinerginya dalam mengelola BTNBT terus diupayakan secara baik.

Semua tahu bahwa flora, fauna, ekosistem dan keragaman hayati  didalam TNBT perlu dijaga dengan baik. Kawasan TNBT sebagai paru paru dunia perlu di jaga dengan baik. Bahkan mengajak merobah pola pikir untuk mencintai keragaman hayati yang ada di TNBT.

"Saya mengajak semua pihak untuk tidak merubah, merusak kawasan TNBT," sebutnya.

Karena, potensi besar dan sebagai aset daerah yang bernilai tinggi dapat membantu peningkatan ekonomi masyarakat dan kunjungan wisata dunia ke Indragiri Hulu. Didalam kawasan TNBT ada Desa Sanglap, Rantau Langsat, Siambul, Suku Melayu Tua, Desa Talang Mamak yang sudah dikenal dunia karena keragaman seni dan budaya lokalnya yang selaku dilestarikan dengan baik.