Dinas PMD Inhu Luncurkan Dua Aplikasi Terbaru

Selasa, 21 September 2021

Poto Sambutan Bupati di depan para undangan Acara Louncing Aplikasi

TRANSMEDIARIAU.COM INHU-  Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Launching aplikasi Bumdes Inhu berdaya (BUNDA) dan Sistim Informasi Monitoring Pilkades (SIMPEL)

Teknologi yang semakin berkembang di kalangan pemerintahan, Dinas PMD berkerja sama dengan  Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) meluncurkan aplikasi Bunda dan Simpel bertujuan mempermudah percepatan kinerja di dalam pemerintahan daerah.

Peresmian aplikasi yang diluncurkan Dinas PMD di sambut baik oleh Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi, SE yang di hadiri Wakil Ketua DPRD, Forkopimda, Sekda, Kepala OPD Inhu, Ketua Forum Kades, ketua Forum BKD, Ketua Forum Bumdes, Camat Se- Inhu dan Pimpinan Bank pemerintah se Inhu pada Selasa 21/09/2021 di Ruang Autorium Yopi Arianto Lt IV Kantor Bupati

Ketua panitia  kegiatan acara Riswidiantoro meyampaikan kedua Aplikasi yang diluncurkan ini bertujuan untuk memajukan kegiatan percepatan pelayanan masyarakat.

Berangkat dari pemikiran bahwa sebagai organisasi perangkat daerah maka dalam menyongsong era digitalisasi dan mendekatkan pelayanan masyarakat maka kedua aplikasi ini kita luncurkan hari ini. 

Kedua aplikasi ini merupakan kerja sama antara Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) yang merupakan upaya dalam rangka percepatan pemulihan ekonomi dimasa pandemi covid-19 untuk aplikasi BUNDA dan dalam rangka mencapai tiga sukses Pilkades Indragiri Hulu yaitu sukses terpilihnya kepala desa, sukses pelaksanaan Pilkades yang aman dan bebas sengketa dan sukses bahwa pilkades serentak tidak menjadi kluster baru covid-19 unruk aplikasi SIMPEL.

"Semoga aplikasi ini akan menjadi sumbangsih besar dalam upaya peningkatan perekonomian masyarakat dan kehidupan berpolitik di desa yang ada di Inhu," sebutnya.

Bupati Rezita Meylani Yopi SE, Mengapresiasi Dinas PMD dalam memberikan Inovasi baru untuk membantu percepatan kinerja Pemerintahan daerah.

Juga dijelaskan kepihak media,  Selasa 21/09. Aplikasi SIMPEL bisa memonitoring pelakasanaan pilkades yang akan datang. "Karna sebentar lagi ada Pilkades yang terlaksana di 60 Desa," tuturnya.

Aplikasi BUNDA bertujuan untuk membantu pemulihan ekonomi masyarakat di kabupaten Inhu. Salah satunya hasil-hasil Industri kecil Menengah (IKM) dan Wisata yang dikelola oleh Bumdes itu bisa kita promosikan melalui aplikasi ini.

Sedangkan IKM di Inhu sudah banyak tetapi Karna masa pandemi Covid-19 agak berkurang perputarannya. "Untuk itu mari kita sama-sama menghidupkan kembali IKM yang ada di Inhu sehingga diharapkan kondisi perekonomian kita bisa pulih kembali," tegasnya.(P.Tupang)