Rapat Paripurna DPRD Inhu Gelar Sumpah Janji PAW

Selasa, 14 September 2021

TRANSMEDIARIAU.COM INHU- Rapat Paripurna Dewan perwakilan Daerah Indragiri Hulu (DPRD) dalam rangka pengambilan sumpah  janji pengganti antar waktu (PAW) anggota DPRD sisa masa jabatan 2019-2024 di ruang rapat legislatif Senin 13 September 2021. 

Acara Rapat Paripurna di pimpin langsung oleh ketua DPRD Samsudin di dampingi  wakil ketua Masyurullah, S.P  juga di hadiri Bupati Inhu  Rezita Meylani Yopi SE serta ketua Pengadilan Rengat Marlinda  Aritonang, S.H Forkopimda, ketua KPU, Panwaslu, serta di saksikan seluruh anggota DPRD dan instansi terkait.

Ketua DPRD Samsudin membuka resmi acara peresmian sumpah jabatan PAW dilaksanakan untuk memenuhi amanat undang-undang sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2019, serta Peraturan KPU Nomor 6 Tahun 2019 tentang Perubahan Peraturan KPU Nomor 6 tahun 2017 tentang penggantian.

Pembukaan acara pengambilan sumpah janji yang di sampaikan oleh ketua DPRD resmi di buka, di lanjutkan pembacaan surat gubernur Riau oleh Sekretaris Dewan (Sekwan) tentang penetapan  anggota yang di tetapkan secara jelas.

Sekretaris Dewan Drs. H.Kuwat Widiyanto M.Si  sesuai aturan dan hasil proses PAW selama ini, pada Senin (13/9) Edisantoso digantikan dengan Karna dari partai Nasional Demokrat (NASDEM)

Tentunya, akan melanjutkan tugas dan fungsi sebagai anggota Legislatif dengan perkiraan masa jabatan tiga  tahun kedepan.

"Ucapan terima kasih atas jasa jasanya selama menjadi DPRD INHU," ujarnya.

Karena PAW sisa masa jabatan 2019 - 2024, proses yang diberikan Gubernur Riau Syamsuar memberikan tenggang waktu hingga paling lama 60 hari terhitung sejak keputusan dikeluarkan.

Selanjutnya, acara kembali dipimpin oleh Pimpinan Rapat Paripurna DPRD Inhu Samsudin, meminta untuk seterusnya prosesi pelantikan oleh Ketua Pengadilan Negeri (PN) Rengat. Prosesnya, berlangsung pukul 12.00 WIB.


Selanjutnya, Ketua Pengadilan Negeri Rengat Melinda Aritonang SH  memandu prosesi pengucapan sumpah dan janji untuk memenuhi kewajiban sebagai anggota DPRD dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya dan akan bekerja bersungguh-sungguh demi tegaknya kehidupan demokrasi serta memperjuangkan aspirasi rakyat yang diwakili sesuai dengan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945.sebutnya.

Setelah itu, selanjutnya pembacaan sumpah dan janji dipandu oleh Pengadilan Agama Rengat.

Setelah selesai, berlanjut pada penanda tanganan Berita Acara Sumpah dan Janji Anggota DPRD baru.

Dan bahkan, Pimpinan Rapat Paripurna Samsudin melanjutkan sebutan, ucapan selamat disampaikan kepada Karna yang mengemban amanah sebagai anggota legislatif.

"Semoga Karna dapat melaksanakan tugas dengan baik, karena, DPRD adalah lembaga corong aspirasi masyarakat," tegasnya.

Samsudin juga menyebutkan, kepada almarhum edi santoso, DPRD mengucapkan terima kasih atas dedikasinya selama ini.

Sebagaimana diketahui bahwa, DPRD dapat menyalurkan aspirasi masyarakat, bisa bekerja sama dengan Pemerintah Daerah (Pemda) dalam mewujudkan pembangunan yang adil dan merata.

"Tujuannya agar APBD digunakan sesuai peruntukkannya, sehingga daerah ini menjadi maju," jelasnya.

DPRD Indragiri Hulu harus kritis, kreatif dan inovatif, sebagai penyambung dan menyampaikan aspirasi masyarakat kepada pemerintah. Selanjutnya, Pimpinan Paripurna meminta agar kedepan DPRD dapat meningkatkan kinerja.

Selanjutnya, pimpinan paripurna juga mempersilahkan kepada pembaca doa untuk mengisi acara. Yakni, doa selamat atas proses PAW yang sedang berlangsung. Selesai membaca doa, Pimpinan Rapat menutup acara PAW tersebut. 

Acara selanjutnya, pemberian ucapan selamat kepada Karna yang didahului oleh Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi SE  dan Pimpinan Paripurna Samsudin.

Pada kesempatan lain, Pergantian Antar Waktu (PAW) Partai Nasedem Karna mengatakan, sangat bangga apresiasi tinggi besarnya perhatian semua pihak pada acara yang berlangsung di Ruang Rapat DPRD Inhu ini.

"Saya mengucapkan bayak terimakasih ke semua pendukung khususnya dari keluarga," sebutnya.

Terpilih selama ini, atas bantuan dan dukungan masyarakat, tentunya kepada Partai Nasdem dan masyarakat meminta dukungan berkelanjutan. (Advertorial)

P.Simatupang