Bupati HM Wardan Turun langsung Tinjau Pelaksanaan Vaksinasi di Sekolah

Senin, 13 September 2021

TRANSMEDIARIAU.com - Bupati Inhil HM. Wardan bersama Dandim 0314, Kapolres inhil turun langsung memantau pelaksanaan Vaksinasi Khusus untuk siswa dan siswi di SMP Negeri 1 Jln Prof M.Yamin Tembilahan, Senin (13/09).

Pelaksanaan Vaksinasi ini diinisiasi oleh Polres Inhil dalam upaya meningkatkan imunitas Siswa dan siswi yang sudah melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka ( PTM ), Vaksinasi saat ini difokuskan untuk siswa dan siswi Kelas 7,8,9 SMP Negeri 1 Tembilahan dengan jumlah 991 orang siswa.

Teknis pelaksanaan yang menggunakan ruang kelas ini dibagi menjadi 3 lokal yang pertama Ruang pendaftaran data siswa kemudian Ruang vaksinasi dan yang ketiga untuk ruang observasi atau ruang tunggu.

Bupati Inhil HM. Wardan mengapresiasi kegiatan ini mengingat vaksinasi ini berguna untuk menjaga imunitas diri kemudian kelompok dan akhirnya penyebaran Virus Covid-19 bisa ditekan dan kita bisa beraktivitas  dengan aman.

Pada kesempatan tersebut, Kapolres menyempatkan diri untuk memberikan edukasi serta arahan kepada seluruh siswa di sekolah tersebut.

“Meski vaksinasi memang sangat penting bertujuan untuk herd immunity, tetapi dalam prosesnya kita juga tentu tidak boleh mengabaikan protokol kesehatan yang berlaku,” tuturnya.

Selain itu, ia juga mengingatkan bahwa vaksinasi adalah salah satu bentuk ikhtiar yang harus dibarengi dengan usaha lainnya. Jadi menurutnya, meskipun sudah mendapatkan vaksin, para pelajar dan guru di sekolah tidak boleh lengah. 

"Jumlah pelajar yang diberikan vaksinasi tahap I dalam kesempatan ini yakni kurang lebih sebanyak 269 orang pelajar," kata Kapolres Inhil. 

Selain itu tujuan pelaksanaan Vaksinasi Covid tahap I terhadap para pelajar disebutkan AKBP Dian Setyawan, yakni dalam rangka percepatan persiapan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di sekolah.

"Diharapkan juga vaksinasi ini secara umum dapat memperkecil mata rantai penyebaran Covid-19 di lingkungan sekolah yang ada di Inhil," ungkapnya.

Seperti biasa, sebelum mengikuti vaksin, pelajar harus mengikuti tahapan antara lain pendaftaran, screening, penyuntikan vaksin dan observasi.