Bupati Inhu Menghadiri Acara Peyerahan Sertifikat Tanah

Kamis, 02 September 2021

 

TRANSMEDIARIAU.COM INHU Acara peyerahan Sertifikat tanah di hadiri oleh menteri Agraria dan tata ruang(RTR/BPN) Sofiyan A.Djalil di dampingi Gubernur Riau Samsuar di laksanakan di Kota Dumai Profinsi Riau sekaligus di sambung secara virtual ke seluruh Pemerintah daerah Wilayah Riau Kamis 2 September 2021. 

Selesainya acara sambutan yang disampaikan oleh Menteri dan gubenur  sekira pukul 10 Wib di lanjutkan Peyerahan Sertifikat Tanah Secara simbolis Oleh Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi bagi masyarakat Inhu.

"Sebayak 500 Sertifikat tanah kita bagikan ke masyarakat, ini semua tidak terlepas dari kinerja  Badan Pertanahan BPN) Daerah Inhu,"  kata Rezita.

 

Dalam sambutannya Bupati mengapresiasi dan berterima kasih kepada BPN Inhu yang telah mempersiapkan dan melaksanakan kegiatan ini bersama instansi terkait.

"Pemkab Inhu akan selalu mendukung program maupun visi misi Kementerian ATR/BPN demi memudahkan masyarakat dalam pelayanan pertanahan sesuai dengan slogan BPN yakni melayani, profesional dan terpercaya, "katanya.

Tambahnya lagi, Bupati meminta kepada seluruh jajaran Pemkab terkait agar berperan aktif dalam mensukseskan program ini, khususnya para Camat, Lurah dan Kepala Desa untuk mensosialisasikan pentingnya masyarakat memiliki sertifikat, singkat Bupati.

Kepala BPN Inhu Taufik S Wibowo menyampaikan, saat ini jumlah sertifikat yang sudah diselesaikan sebanyak  11.725 bidang dan sudah diberikan sebanyak 1.000 bidang pada bulan Maret 2021 yang lalu. Sehingga ada sisa 10.225 bidang dan akan segera dibagikan setelah ada instruksi Menteri ATR/BPN.

Dikatakannya juga bahwa penyerahan sertifikat ini akan memberi kepastian hukum hak atas tanah, mencegah sengketa pertanahan dan jaminan hak tanggungan di perbankan.

 

"Kita akan membangun satu peta dan membangun data spesial untuk kegiatan pajak daerah, dan berharap tahun 2024 semua tanah di Inhu sudah bersertifikat,"

Kemudia di jelaskan, Penyerahan ini yang pertama di Riau secara nasional, ini perlu diapresiasi tinggi.Masyarakat Inhu penerima pertama, langsung diserahkan oleh Bupati Rezita Meylani Yopi didampingi oleh Forkopimda Sebut Wibowo.

Sebanyak 500 Persil tersebut, untuk masyarakat di sejumlah kecamatan, namun proses penyerahan, Kamis (2/9) adalah secara simbolis mengingat kondisi Pandemi COVID-19.

"Setelah ini, menunggu arahan Presiden RI Joko Widodo untuk proses penyerahan berikutnya, " janji Wibowo.

Namun, untuk merealisasikan program nasional sertifikasi hal atas tanah selanjutnya, BPN perlu mendapatkan dukungan dari Pemerintah Daerah Indragiri Hulu. tutup.


( P.Simatupang)