Windy : Pindah Fasilitas Kesehatan BPJS Kesehatan Hanya dengan ‘One Click’

Senin, 30 Agustus 2021

Transmediariau.com, Tanjungpinang – Windy (25) adalah seorang peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang terdaftar sebagai peserta mandiri. Saat itu, Windy ingin melakukan perubahan pada Fasilitas Kesehatan (faskes) tingkat I di BPJS Kesehatan, Rabu (25/08).

“Saya mau pindah fasilitas kesehatan karena sebelumnya saya kuliah di salah satu Universitas di Depok, dan menempatkan fasilitas kesehatan tingkat I di daerah Depok juga, sekarang saya sudah bekerja di Kota Tanjungpinang, dan ingin memindahkan faskes ke sini saja,” ujar Windy.

 “Setelah saya mendengar tentang aplikasi Mobile JKN dan mencoba mendownloadnya, ternyata sangat mudah ya, cukup registrasi saja, kemudian klik menu ubah data peserta, ubah tempat fasilitas kesehatan tingkat I, dengan one click data pun otomatis diproses, mudah sekali. Saya pun tidak perlu repot-repot lagi datang ke kantor BPJS Kesehatan, buktinya saya bisa pindah faskes hanya melalui aplikasi Mobile JKN ini,” ungkap Windy.

Windy pun menambahkan, “Selain itu, saya pun tergerak ingin mencoba menggunakan fitur-fitur lainnya, dan saya.bisa langsung mengetahui jumlah tagihan iuran, riwayat pembayaran iuran, bahkan saya bisa mengakses informasi kepesertaan hingga kartu JKN-KIS saya dalam bentuk digital yang bisa digunakan langsung. Fitur-fitur tersebut sangat membantu peserta terutama di masa pandemi saat ini.”

Aplikasi Mobile JKN merupakan inovasi untuk kemudahan calon peserta JKN-KIS, dengan memanfaatkan teknologi informasi yang dapat diunduh melalui aplikasi Mobile JKN di Google Playstore atau Apps Store dimana terdapat 5 kemudahan menggunakan aplikasi Mobile JKN yaitu kemudahan mendaftar dan mengubah data kepesertaan, kemudahan mengetahui informasi data peserta dan keluarga, kemudahan mengetahui informasi tagihan dan pembayaran iuran, kemudian mendapatkan pelayanan di Faskes, dan kemudahan menyampaikan pengaduan dan permintaan informasi seputar JKN-KIS. Salah satu fitur yang digunakan oleh Windy dalam aplikasi Mobile JKN ini yaitu pada menu ubah data peserta yang dapat mempermudah pengguna melakukan aktivitas termasuk mengubah nomor handphone, alamat email, alamat surat, pindah faskes dan pindah kelas setelah melakukan registrasi.

BPJS Kesehatan memiliki aplikasi Mobile JKN untuk menjawab kebutuhan peserta di era kekinian. Mudah, cepat dan tidak perlu antri lagi di kantor, dengan berbagai fitur yang mudah diakses. Diharapkan aplikasi ini akan membantu para peserta JKN-KIS mendapatkan pelayanan kesehatan secara cepat. Pengembangan aplikasi Mobile JKN merupakan wujud nyata dari komitmen BPJS Kesehatan dalam memberikan kemudahan akses dan pelayanan yang optimal bagi peserta. Melalui aplikasi ini, peserta JKN-KIS dapat mengakses beragam informasi seputar BPJS Kesehatan secara cepat dan mudah, di manapun dan kapanpun.