Soni : JKN-KIS untuk Investasi Masa Tua

Jumat, 20 Agustus 2021

Transmediariau.com, Tanjungpinang – Kesehatan merupakan hal yang dicari oleh semua orang. Kesehatan yang baik dan terjaga tentunya menjadi impian bagi semua orang, untuk itu tidak jarang orang kerap mencari tips menjaga kesehatan tubuh yang baik seperti berolahraga dan mengatur pola makan. Untuk menjadikan tubuh sehat tentunya membutuhkan konsistensi dalam menjaganya. Menjaga kesehatan sejak dini bisa menjadi salah satu investasi masa depan.

Di era modern saat ini, jaminan kesehatan diperlukan sebagai penunjang untuk memberikan jaminan perlindungan kesehatan kepada masyarakat, penting untuk mempersiapkan diri terhadap potensi penyakit yang ada. Antisipisasi dan persiapan hari tua bisa dilakukan dengan memiliki jaminan kesehatan yang bisa digunakan sewaktu-waktu dengan mudah, melalui upaya promotif preventif seperti menjaga pola hidup sehat, hingga upaya kuratif yang membantu masyarakat untuk berobat tanpa terkendala masalah biaya. Seperti yang terjadi pada Bapak Soni (50) yang sangat terbantu dengan JKN-KIS. Kepada Jamkesnews, Bapak Soni menceritakan pengalamannya.

“Saya sangat beruntung sekali memiliki JKN-KIS, saya merasa terbantu dalam segala pengobatan yang saya jalani. Segala biaya pengobatan di tanggung oleh program JKN-KIS BPJS Kesehatan, mulai dari kontrol kesehatan sebulan sekali, pengobatan, test darah, hingga cuci darah seminggu dua kali secara rutin,” ungkap Pak Soni.

Bapak Soni mengakui sudah menjalankan rutinitas pengobatan tersebut mulai dari Oktober 2018 setelah Bapak Soni didiagnosa dengan penyakit ginjal sehingga diharuskan untuk selalu kembali ke fasilitas kesehatan tepat pada waktunya, sampai sekarang.

“Bayangkan saja, jika tidak ada JKN-KIS, berapa banyak saya harus menyiapkan uang dan membayar sendiri biaya pengobatan rutin tersebut setiap minggu bahkan bulannya selama tiga tahun terakhir ini. Tapi sekarang saya dan keluarga saya menjadi lebih tenang saat mereka mengantarkan saya berobat, tidak kepikiran lagi harus menyiapkan uang untuk biaya pengobatan. Saya merasa bersyukur, sangat senang dan terbantu dengan adanya program JKN-KIS. JKN-KIS adalah investasi kesehatan yang bagus di masa tua.,” jelas Pak Soni

Melindungi kesehatan diri sendiri dan orang-orang terdekat menjadi hal penting sebagai bentuk investasi jangka panjang. Tujuannya untuk memberikan jaminan kesehatan di masa depan. Melindungi kesehatan merupakan salah satu bentuk pengelolaan risiko dalam hal perencaaan keuangan khususnya di tengah ketidakpastian ekonomi akibat pandemi Covid-19. JKN-KIS dapat meminimalisasi risiko kerugian finansial akibat sakit yang dapat diakses oleh seluruh masyarakat Indonesia, baik yang bekerja maupun tidak bekerja.

Dengan membayar iuran yang cukup terjangkau setiap bulan, para peserta program JKN-KIS dapat mengakses layanan kesehatan gratis di fasilitas kesehatan tingkat pertama dan lanjutan sesuai dengan kondisi penyakit yang diderita serta mengikuti ketentuan dan prosedur yang berlaku.