PT PLN Bersama Disdukcapil Sosialisasi Pengurusan Akte Kelahiran

Kamis, 12 Agustus 2021

TRANSMEDIARIAU.COM Indragiri Hulu, Riau - PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Riau dan Kepulauan Riau bersama Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Indragiri Hulu menggelar program sosialisasi dan pengurusan Akta Kelahiran Anak (AKA) di Aula Kantor Bupati, Kamis (12/8/2021). 


Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Bupati Indragiri Hulu Rezita Meylani Yopi S.E, didampingi Kadis Dukcapil Kabupaten Indragiri Hulu Syaiful Bahri S.Sos dan Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Indragiri Hulu Wardiati S.Sos.

Kegiatan dilaksanakan dengan tetap menerapkan dan mematuhi aturan Protokol Kesehatan Covid - 19.

Bantuan PLN Peduli tersebut dalam rangka mendukung Program Strategis Nasional bidang kependudukan.

Syaiful Bahri selaku Kepala Disdukcapil Kabupaten Indragiri Hulu mengatakan, wilayah Kabupaten Indragiri Hulu memiliki area yang cukup luas sehingga banyak daerah di desa dan kecamatan yang sulit terjangkau Disdukcapil.

"Diharapkan melalui sosialisasi ini masyarakat dapat lebih paham tentang pentingnya dan mudahnya kepengurusan dokumen identitas warga negara," ujarnya. 

Pihaknya juga menyampaikan terima kasih kepada PLN atas bantuan dan kontribusinya dalam mendukung program peningkatan kesadaran masyarakat terhadap cakupan kepemilikan akta kelahiran anak dan dokumen kependudukan. 

Bupati INHU Rezita Meylani Yopi, S.E pada saat sambutannya  menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pihak PLN atas kontribusinya dalam peningkatan kepemilikan akta kelahiran anak dan dokumen kependudukan sebagai pemberian identitas anak pada saat kelahiran.

"Pemberian identitas anak pada saat kelahiran merupakan bentuk perlindungan negara terhadap status pribadi dan status hukum seorang anak," sebutnya.

Pada kesempatan itu Manager PT PLN (Persero) UP3 Rengat, Beny Indra Praja mewakili General Manager PT.PLN(Persero) UIWRKR mengatakan, bantuan yang diberikan merupakan bentyk kepedulian PLN melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) CSR-PLN Peduli. 

"Program ini merupakan bentuk sinergi PLN bersama Pemkab Indragiri Hulu serta wujud kepedulian PLN dalam menyukseskan Program Pemerintah untuk menyosialisasikan pengurusan akta kelahiran," ucap Beny Indra Praja. 

Pihaknya berharap, kegiatan ini dapat membantu meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya identitas diri baik akte kelahiran maupun Kartu Tanda Penduduk (KTP).pungkasnya.

Diakhir acara juga dilakukan penyerahan Akte Kelahiran secara simbolis oleh Bupati Indragiri Hulu kepada perwakilan masyarakat.

penulis; Tupang