BPJS Kesehatan Cabang Tanjungpinang Laksanakan Forum Kemitraan Kab. Natuna

Kamis, 10 Juni 2021

Transmediariau, Natuna – BPJS Kesehatan Cabang Tanjungpinang laksanakan pertemuan Forum Kemitraan dengan Para Pemangku Kepentingan Kabupaten Natuna di Ruang Rapat Bupati Natuna, Rabu (09/06). 
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Tanjungpinang, Fauzi Lukman Nurdiansyah menyampaikan Pemerintah dan Pemerintah Daerah merupakan Pilar utama dalam penyelenggaraan Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), BPJS Kesehatan tidak bisa menyelenggarakan sendiri tanpa dukungan dari Pemerintah dan Pemerintah Daerah.

“Forum Kemitraan ini bertujuan menjalin kemitraan yang baik dengan para pemangku kepentingan, mempermudah koordinasi antar instansi yang berkaitan dalam kendala-kendala operasional di lapangan, mencapai persamaan pemahaman tentang Program Jaminan Kesehatan Nasional, memperoleh dukungan dalam rangka peningkatan mutu pelayanan kesehatan sesuai kewenangan dan fungsi masing-masing lembaga/ instansi serta meningkatkan efektivitas pengelolaan fasilitas kesehatan,” lanjut Fauzi.
Saat ini, ada 2 Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan di Kabupaten Natuna yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan yaitu RSUD Natuna dan RSAU DR. Yuniati Wisma Karyani.
“Ada beberapa hal yang perlu dilanjuti yaitu dukungan Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna bersama-sama BPJS Kesehatan dalam monitoring kepatuhan dan komitmen fasilitas kesehatan dalam melayani Peserta JKN serta dukungan memenuhi kebutuhan pasien sesuai indikasi medis dan ketentuan yang berlaku,” lanjut Fauzi.
Selain itu, beberapa dukungan lain yang harapkan adalah dukungan Dinas Kesehatan terkait ketersediaan sarana prasarana dan tenaga kesehatan di Fasilitas Kesehatan, dukungan dalam melengkapi dokumen terkait aspek legal pelayanan kesehatan di Fasilitas Kesehatan serta dukungan Pelaksanaan bridging sistem antrean online, display jadwal operasi dan update ketersediaan tempat tidur ke Aplikasi Mobile JKN guna transparansi data kepada Peserta JKN.
Bupati Natuna, Wan Siswandi dalam sambutannya menyampaikan rasa syukurnya  dengan adanya Program JKN-KIS sehingga masyarakat Kabupaten Natuna memiliki jaminan kesehatan.

“Kesehatan adalah kunci dari segalanya, jika masyarakat tidak sehat, maka apapun yang mau dikerjakan tidak akan terwujud baik itu pembangunan, infrastruktur, pendidikan dan lain sebagainya.  Masyarakat Kabupaten Natuna bersyukur dengan adanya Program JKN-KIS karena jaminan kesehatan masyarakat dapat terjamin,” pungkas Wan Siswandi.