Luar Biasa, Man 1 Inhil Laksanakan Safari Dakwah Ke Berbagai Mesjid dan Mushola di Tembilahan Hulu dan Batang Tuaka

Kamis, 29 April 2021

TRANSMEDIARIAU.COM, Tembilahan - MAN 1 Indragiri Hilir Menggelar Kegiatan Safari Dakwah Ramadhan yang dimulai sejak malam ke-3 Ramadhan sampai Malam ke-17 Ramadhan.

Safari Dakwah Ini dilakukan dengan mengadakan kunjungan dan kegiatan dakwah ke berbagai masjid dan mushola di kota Tembilahan, Kecamatan Tembilahan Hulu dan kecamatan Batang tuaka.

Ramadhan 1442 H kali ini berbeda sekali dengan tahun-tahun sebelumnya, walaupun tahun lalu masih juga pandemi, tetapi tahun ini pelaksanaan kegiatan keagamaan khususnya di kota Tembilahan, Indragiri Hilir sudah seperti biasanya. Hal ini terlihat dari kegiatan ramadhan seperti sholat tarawih berjamaah dan tadarus Al-Qur’an bisa dilaksanakan.

 

Momen ramadhan ini pula yang membuat MAN 1 Indragiri Hilir unjuk gigi di masyarakat, sebagai salah satu Madrasah terdepan di kabupaten Indragiri Hilir, 

 

 

Sebulan sebelum bulan ramadhan, tim Safari Ramadhan Rohis MAN 1 Indragiri Hilir telah mempersiapkan kegiatan dan agenda ini, diantaranya mengunjungi masjid dan mushola untuk meminta izin kegiatan safari ramadhan di masjid dan mushola yang bersangkutan, terdapat Empat Mesjid dan Mushola pada Tahun ini yaitu Mushola Baburrahman Sungai Beringin, Surau Miftahul Jannah Jalan Gerilya, Mesjid Al Mujahidin Sungai Piring dan Surau Nurul Hidayah jalan Harapan, para siswa yang akan diterjunkan pun sudah mulai dilatih agar bisa memberikan penampilan terbaiknya saat kegiatan tersebut.

 

Sebanyak 25 orang siswa di terjunkan ke lapangan tahun ini, diantara mereka ada yang bertugas sebagai penceramah, MC, Bilal Sholat Tarawih bahkan Imam sholat Isya dan Tarawih. Secara bergantian para siswa tersebut akan tampil di masjid dan mushola yang telah ditetapkan.

 

 Dan pada malam ke 17 Ramadhan agenda Safari Ramadhan resmi di Tutup oleh waka Kesiswaan MAN 1 Indragiri Hilir, Bapak Muhammad Hasbi, S.Pd bersamaan dengan kegiatan Khataman Al-Qur’an dan Buka Bersama ROHIS MAN 1 Indragiri Hilir.

 

Selama kegiatan Safari Ramadhan ini berlangsung, para siswa akan hadir untuk sholat berjamaah dan tarawih di masjid atau mushola yang telah dijadwalkan, para petugas akan tampil mengisi kegiatan malam tersebut, dan petugas yang paling penting adalah Penceramah atau Da’I, diharapkan dengan tampilnya mereka saat agenda Safari Ramadhan ini dapat membuat mereka siap dan belajar untuk bermasyarakat nantinya,.

 

 Pembina Rohis MAN 1 Indragiri Hilir, Annuar Gunawan, S.Pd.I, M.Pd dalam sambutannya di Mesjid Al-Mujahidin Kelurahan Sungai Piring, Kecamatan Batang Tuaka menyebutkan agenda ini adalah salah satu cara untuk melatih para siswa - siswi agar siap terjun ke masyarakat.

 

"Agenda Safari Ramadhan ini bertujuan untuk melatih para siswa-siswi MAN 1 Indragiri Hilir agar siap terjun ke masyarakat, karena setelah tamat dari MAN 1 Indragiri Hilir, masyarakat akan membutuhkan kiprahnya dalam memakmurkan kegiatan keagamaan di masjid dan Mushola di sekitar rumahnya, ketika sudah tampil sekarang maka nanti mereka tidak akan canggung lagi tampil setelah itu". ucapnya 

 

Lanjutnya, agenda Safari Ramadhan tahun ini hendaknya bisa menjadi pedoman dan pelajaran untuk tahun depan, karena memang masih ada beberapa kekurangan yang masih perlu diperhatikan oleh pihak madrasah, dan agenda ini juga mendapatkan antusias dan dukungan positif dari masyarakat. 

 

Para pengurus masjid dan Mushola bahkan berharap agar tahun depan jadwal di tempat mereka lebih banyak lagi dari tahun ini. Bukan hanya di Tembilahan, Tembilahan Hulu dan Kecamatan Batang Tuaka, beberapa tempat lainnya juga meminta tahun depan Tim Safari Ramadhan Rohis MAN 1 Indragiri Hilir bisa menyambangi tempat mereka.

 

Memang agenda Safari Ramadhan ini hanya sampai malam ke 17 saja, dikarenakan para siswa-siswi yang berdomisili di Tembilahan agar dapat juga merasakan sholat tarawih di lingkungan tempat tinggalnya, ditambah lagi para siswa juga disibukkan dengan kegiatan belajar mengajar, jika diteruskan sampai tanggal 4 Mei yang menjadi hari terakhir belajar maka dikhawatirkan para siswa akan kewalahan mengerjakan kewajibannya sebagai seorang pelajar.

 

KHATAMAN AL-QUR’AN

Seminggu sebelum agenda Safari Ramadhan berakhir, maka tim Safari Ramadhan ROHIS MAN 1 Indragiri Hilir telah menyiapkan agenda penutupnya, kegiatan tersebut adalah Khataman Al-Qur’an yang diadakan di Rumah Muhammad Fiqri Ardiansyah yang juga siswa MAN 1 Indragiri Hilir, tepatnya di jalan Harapan parit 8, Tembilahan Hulu.

 

Khataman Al-Qur’an dilaksanakan dengan membuatkan list para anggota ROHIS yang akan membaca satu orang satu juz dirumah masing-masing, terdapat 30 orang yang telah menyelesaikan membaca Al-Qur’an tersebut, dan pada tanggal 17 Ramadhan diadakan khataman dengan membacakan Juz 30 dilanjutkan dengan do’a Khatam.

 

Dalam sambutan acara ini, waka kesiswaan MAN 1 Indragiri Hilir, Muhammad Hasbi, S.Pd berharap kegiatan ini dapat di tingkatkan di tahun yang akan datang menjadi tiga atau dua tim safari.

 

"bahwa kegiatan seperti ini harus ditingkatkan di tahun yang akan datang, dengan optimis beliau menyatakan bahwa tahun depan harus ada 2 atau 3 tim safari ramadhan yang akan mengunjungi masjid dan mushola yang berbeda, sehingga peserta yang diterjunkan juga lebih banyak lagi". ungkapnya.

 

Begitu juga, Ketua ROHIS MAN 1 Indragiri Hilir, Muhammad Syahriramadhan juga berharap” tahun depan anggota ROHIS bisa diterjunkan semua dalam agenda safari ramadhan, karena Rohis menjadi wadah untuk melatih diri agar siap berdakwah di tengah-tengah masyarakat, insyaAllah dengan tekad yang kuat dan niat yang baik, kegiatan safari ramadhan Rohis MAN 1 Indragiri Hilir dapat lebih baik lagi”katanya.

 

Walaupun kegiatan safari ramadhan tahun ini telah berakhir, namun pengalaman berharga yang dirasakan oleh para petugas kegiatan ini akan terus membekas di hatinya, dengan agenda ini mereka telah belajar dan memberanikan diri untuk bisa tampil di tengah-tengah masayarakat, beberapa kesalahan yang dilakukan juga bisa menjadi semangat agar lebih baik lagi kedepannya. 

 

 

"Sekarang adalah saat yang sangat tepat untuk berlelah-lelah dalam belajar agar di masa depan ini merasakan manisnya perjuangan telah belajar dan menuntut ilmu, jika sekarang tidak digunakan untuk belajar maka bersiaplah menahan perihnya kebodohan",Tutupnya.