Wow, Fenomena Hari Tanpa Bayangan Terjadi di Tembilahan Provinsi Riau Hari ini

Jumat, 19 Maret 2021

TRANEMEDIARIAU.COM, INHIL - Fenomena Hari Tanpa Bayangan  terjadi di Tembilahan Provinsi Riau tepat pukul 12.15 WIB.

Tepat pukul 12.15 di Tembilahan Terjadi fenomena aneh, bayangan benda mati mau pun makhluk hidup menghilang.

Pada cuaca yang mendung dengan suhu 30°C saja pada hari ini sinar matahari sangat menyengat.

Lebih lanjut, Saat itu bayangan benda-benda tegak akan hilang sesaat. Sebabnya, Matahari menyinari tepat diatas kepala pengamat atau titik zenit yang sedang berada di Tembilahan.

Dalam dunia astronomi, fenomena itu dikenal sebagai Kulminasi Utama. Mengingat posisinya yang berada di sekitar ekuator, Kulminasi Utama di wilayah Indonesia bisa terjadi dua kali dalam setahun dan waktunya tidak jauh dari saat Matahari berada di khatulistiwa.

Secara umum, dikutip dari keterangan yang disampaikan BMKG di laman web resminya, kulminasi utama 2021 di Indonesia terjadi antara 20 Februari 2021 di Baa, Nusa Tenggara Timur, hingga 4 April 2021 di Sabang, Aceh. Periode keduanya mulai 7 September 2021 di Sabang, Aceh, sampai dengan 21 Oktober 2021 di Baa, Nusa Tenggara Timur.

BMKG juga menjelaskan dengan yang dimaksud Kulminasi Utama sebagai momen ketika deklinasi Matahari sama dengan lintang pengamat. Pada saat itu, Matahari akan tepat berada di atas kepala pengamat atau di titik zenit. Akibatnya, bayangan benda tegak akan terlihat menghilang karena bertumpuk dengan benda itu sendiri. "Karena itu, hari kulminasi utama dikenal juga sebagai hari tanpa bayangan."

Mengapa itu terjadi? BMKG menerangkan bahwa bidang ekuator Bumi atau bidang rotasi Bumi tidak tepat berimpit dengan bidang ekliptika atau bidang revolusi Bumi. Akibatnya, posisi Matahari dari Bumi akan terlihat terus berubah sepanjang tahun antara 23,5 derajat Lintang Utara sampai dengan 23,5 derajat Lintang Selatan. Hal ini disebut sebagai gerak semu harian Matahari.

Lanjutnya, BMKG menjelaskan, Matahari juga telah diketahui akan tepat berada di khatulistiwa pada 20 Maret 2021, pukul 16.37 WIB, dan 23 September 2021, pukul 02.21 WIB. Pada hari-hari itu biasanya suhu udara akibat terik matahari terasa lebih menyengat.

Hari tanpa bayangan menjadi fenomena langit yang akan menghiasi langit Tembilahan di Bulan Maret Ini.