Asisten I Setdaprov Riau Hadiri Launching Bright Dormitory

Kamis, 18 Maret 2021

TRANSMEDIARIAU.COM, PEKANBARU - Asisten I Sekretariat Daerah (Setdaprov) Riau, Jenri Salmon Ginting menghadiri launching bright dormitory (Asrama) yang merupakan program bright scholarship batch 05 putra dan putri Yayasan Baitul Maal (YBM) BRI kantor wilayah Pekanbaru di Bright Dormitory YBM BRI unit Universitas Riau, Jalan Amanah Perumahan Kampung Dalam Lestari, Rabu (17/03/21).

Dalam sambutannya, Jenri menyampaikan bahwa program dari YBM BRI Kanwil Pekanbaru ini telah sesuai dengan undang-undang Nomor 38 Tahun 1999 tentang pengelolaan zakat. Hal inilah yang telah memberikan peluang besar bagi lembaga pengelolaan zakat untuk mengelola zakat secara profesional.

"Pada Tahun 2001 Indonesia dilanda krisis ekonomi berkepanjangan yang ditandai dengan bertambahnya jumlah masyarakat miskin oleh YBM BRI dengan semangat keagamaan, kepedulian sosial yang tinggi telah membentuk yayasan tersendiri yang khusus mengeluarkan dana zakat infaq dan sedekah atau kita kenal ZIS," katanya.

Ia juga menerangkan, kegiatan ini patutnya di apresiasi karena secara langsung maupun tidak langsung juga telah membantu pemerintah dalam upaya memberantaskan kemiskinan di masyarakat.

"Eksistensinya yayasan Bank Rakyat Indonesia dapat dilihat dari keberhasilan penghimpunan dan penyaluran dana zakat infak dan sedekah dalam pendistribusiannya dan program kerja dalam mengangkat derajat mustahik," ungkapnya.

Menurutnya, melalui acara ini sebagai salah satu bentuk keberhasilan penghimpunan dan penyaluran dana zakat infaq dan sedekah dari pekerja BRI seluruh Indonesia dalam upaya pengembangan pendidikan di Indonesia yang selanjutnya dituangkan ke dalam program bright scholarship.

"Yang mana program ini diberikan kepada mahasiswa dan mahasiswi universitas Riau pendidikan S1 yang tidak mampu namun memiliki prestasi cemerlang," ucapnya.

Selain itu, Jenri melanjutkan para mahasiswa nantinya juga akan diberikan pembinaan yang bersifat komprehensif secara berkala, rencana dan terarah guna membentuk pemimpin masa depan yang berkarakter berdaya saing dan aplikasikan di nilai Islam dalam kehidupannya sehari-hari.

"Atas nama Pemerintah Provinsi Riau dalam hal ini sangat mendukung setiap upaya yang dilakukan oleh berbagai lembaga yang berkeinginan untuk membangun sarana dan prasarana pendidikan yang mempuni," tuturnya.

Pihaknya berharap dengan hadirnya asrama ini dapat juga sebagai tempat untuk membangun karakter generasi muda, selain itu juga dapat membangun etika kebersamaan, kejujuran, tanggung jawab dan entrepreneur leadership.

"Oleh karena itu launching yang kita lakukan pada saat ini kita sambut dengan rasa gembira dan rasa syukur tentu kita patut berterima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dan mengapresiasikan atas apa yang telah dilakukan dalam proses pembangunan asrama ini sehingga bisa berdiri seperti ini," tutupnya. (MCR/DW)