Gelar MDPT BUMDes Gemilang Makmur Kecamatan Enok Sumbang PAD Rp3.799.350 Pada Laba Tahun 2020

Sabtu, 20 Februari 2021

TRANSMEDIARIAU.COM - Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) ''Gemilang Makmur" Desa Sungai Rukam Kecamatan Enok, Kabupaten Indragiri Hilir, mencatat laba bersih Rp26.278.000 pada tahun buku 2020.

Hal tersebut di sampaikan direktur Gemilang Makmur Hasbi Sadiqi pada Musyawarah Desa Pertanggung jawaban Tahunan ( MDPT) pada Kamis (20/02/2020) pagi di aula kantor Desa Sungai Rukam.

"Laba tersebut di suport oleh tiga unit usaha yakni BRI Link, Depot Air Galon dan Air Bersih. Beroperasi selama tahun 2020" lapor direktur kepada masyarakat yang hadir.

"Sehingga BUMDes Gemilang Makmur berkontribusi sumbang Pendapatan Asli Desa sebesar Rp 3.799.350 dan untuk Dana Sosial berjumlah Rp 5.065.800" jelas direktur.

"Semoga kedepannya BUMDes Gemilang Makmur bisa bersaing dalam meraih laba yg tertinggi untuk MDPT tahun Buku 2021 kedepan, sehingga BUMDes yang lain dapat termotivasi dan meningkatkan kinerja Bumdes masing-masing pada Tahun 2021" harap Heki Syahputra yang merupakan Fasilitator Masyarakat BUMDes Kecamatan Enok pada Program DMIJ Plus Terintegrasi itu.

Camat Enok melalui Kasubag Hendri Susanto berharap kedepannya BUMDes Gemilang Makmur lebih giat lagi dalam hal kerja sama, demi meningkatkan Laba.

Hal senada juga di harapkan oleh Kades Sungai Rukam Rasyidi agar BUMDes menjadi yang terbaik dan terbesar di Enok bahkan di Inhil dan di Riau.

"Kami sangat suport jika ada kendala BUMDes untuk mengembangkan bisnis nya, jika memang ada usaha yang potensial. Sama sama kita bicarakan dan paparkan potensinya pada kegiatan musdes tentang pengembangan usaha BUMDes" tutur Kades.

"Jika layak kami pemerintah desa siap suport dengan penyertaan modal" pungkasnya.

TA P3MD Musa Sabri dalam sambutannya sangat mengapresiasi kinerja BUMDes, namun beliau mengingatkan kepada pemerintah desa dan BUMDes agar dalam pengelolaan keuangan dana tersebut sesuai dengan juknis.

"Sehingga kedepannya jika untung maupun rugi usaha BUMDes tidak ada masalah yang muncul" jelasnya.

"Karena yang namanya bisnis itu kadang kadang mengalami kerugian. Jadi meskipun rugi jelas kerugiannya di mana, sehingga tidak terkesan hilang dana yang di kelola tersebut" pungkasnya.

Selain menggelar MDPT BUMDes Gemilang Makmur juga melaksanakan kegiatan sosial Sunat Masal kepada 12 anak.