Luar Biasa, Man 1 Inhil Launcing Kelas Intensif Bahasa Arab

Sabtu, 06 Maret 2021

TRANSMEDIARIAU.COM, INHIL - Launcing dan pembukaan Kelas Intensif Bahasa Arab baru saja dilaksanakan di MAN 1 Indragiri Hilir, Tembilahan,  Kamis, (04/03 21)

Acara yang dilaksanakan bersamaan dengan pembukaan English Camp dan TV MAN 1 Indragiri Hilir ini dibuka dan diresmikan secara langsung oleh Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Indragiri Hilir, H. Harun,S.Ag, M.Pd.

H. Harun, S.Ag, M.Pd selaku kepala kemenag Kabupaten Indragiri Hilir memberikan apresiasi yang baik dalam sambutannya, beliau sangat mendukung program-program baru yang ada di MAN 1 Indragiri Hlir saat ini.

"Pentingnya bagi Madrasah untuk Mengembangkan Bahasa Arab, karena Madrasah memang merupakan rumah bagi pengembangan program Bahasa Arab",Ujarnya

Menyadari pentingnya mempelajari bahasa arab sebagai bahasa agama islam dan bahasa Internasional, menjadi salah satu alasan bagi MAN 1 Indragiri Hilir melalui Ekskul Klub Bahasa Arab untuk mengadakan program kelas intensif.

"program ini diharapkan dapat mengantarkan para siswa-siswi MAN 1 Indragiri Hilir untuk dapat melanjutkan pendidikan ke Timur Tengah seperti Mesir, Maroko dan Sudan serta jurusan bahasa arab di dalam negeri",Tuturnya

Sebelumnya beberapa siswa-siswi MAN 1 indragiri Hilir sudah ada yang melanjutkan pendidikannya ke Universitas Al-Azhar As-Syarif, Kairo, Mesir demikian juga di UIN Sultan Syarif Kasim Riau, UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi, dan UIN Imam Bonjol Sumatera Barat.
 
"Saya Berharap setelah program ini semakin banyak siswa-siswi MAN 1 Indragiri Hilir yang melanjutkan pendidikan di Timur Tengah dan UIN lainnya seperti UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta atau UIN Sunan Ampel Surabaya",Tungkasnya.

Adapun program kelas intensif ini sebenarnya sudah dilaksanakan pada pertengahan semester ganjil yang lalu, kegiatan yang dikemas selama 22 Hari ini dilakukan secara Online lewat Zoom Cluod Meeting dengan Tutor langsung dari Mesir dan Maroko serta dari Indonesia. 

Materi-materi yang diberikan diantaranya Tata bahasa arab yaitu Ilmu Nahwu dan Sharf, Muhadatsah Al-Yaumiyyah, Persiapan ke Timur Tengah dan Soal-Soal Beasiswa Kemenag untuk ke Mesir, Maroko dan Sudan.

Sedangkan untuk kelas Intensif sekarang, akan dikemas dengan lebih maksimal dengan menambahkan materi Kitab Al-Arabiyyah Baina Yadaik dan Test Of Arabic as a Foreign Language (TOAFL), 

Kepala MAN 1 Indragiri Hilir, Drs. Abdullah, M.Pd.I mengatakan bahwa besar harapan sekolah, program ini dapat mengantarkan siswa-siswi MAN untuk dapat mempersiapkan diri untuk mengikuti Beasiswa Kemenag ke Timur Tengah.

"Kepada Siswa Siswi MAN Untuk dapat Mempersiapkan Diri Untuk mengikuti Beasiswa Kemenag yang pendaftarannya direncanakan pada bulan April 2021 ini begitu juga untuk yang akan Kuliah di Jurusan Bahasa Arab di Universitas-Universitas Islam terbaik yang ada di Indonesia",Tutup Abdullah selaku Kepala Sekolah MAN 1 INHIL.