96 Desa Gelar Pilkades, Khairul Dorong Generasi Muda Tempatan Inhil Berani Calonkan Diri Sebagai Kades

Ahad, 14 Februari 2021

TRANSMEDIARIAU.COM, INHIL - Pada Tahun 2021 Kabupaten Indragiri Hilir akan mengelar Pemilihan kepala Desa (Pilkades) sebanyak 96 desa yang akan melaksanakan perhelatan tersebut guna menentukan pemimpin untuk tingkat desa.

Perhelatan yang digelar setiap 6 tahun ini tentu harus memiliki persiapan yang matang baik dari segi kepanitiaan dan juga terhadap bakal calon kepala desa yang akan mengikuti kompetisi.

Hal ini d oleh pemuda kabupaten Inhil, Khairul yang juga Bendahara Umum Ikatan Wartawan Online (IWO - INHIL) kerap juga di sapa Ucu Irul mendorong kaum pemuda - pemudi di daerah tempatan untuk mencalonkan diri sebagai kades. "Inhil butuh Generasi dan pemikiran baru untuk membangun daerah per desaan melalui anak - anak muda," ujarnya. Minggu (14/04/21).

Memang menjadi PR terbesar para generasi muda untuk mencalonkan diri berperan membangun desa dan meningkatkan kepercayaan masyarakat saja. Terkait pengalaman memimpin, namun hal itu bukan masalah yang terlalu berat. "Saya yakin kaum muda bisa meyakinkan itu kepada masyarakat," jelasnya.

Banyak desa-desa yang maju dan berkembang maupun desa-desa yang mandiri di Indonesia, itu melalui penggeraknya anak-anak muda. Banyak desa-desa yang maju karena penggeraknya anak-anak muda, karena anak-anak muda lebih cenderung kreatif dan inovatif," Ungkap Ucu, dalam keterangannya.

"Apa lagi aturan sekarang, saya menilai Desa pada saat ini bisa dikatakan daerah otonom tingkat tiga. Hal itu mengapa dikatakan desa otonom, tingkat satu itu provinsi, Tingkat dua Kabupaten dan Tingkat tiga itu Desa, Dikarenakan desa mendapatkan transfer anggaran dari pusat secara langsung ke rekening desa. Beda seperti dulu banyak proses yang dilalui," sebutnya.

Dana Desa sendiri merupakan dana APBN yang diperuntukkan bagi desa untuk menguatkan kewenangan pemerintahan, pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat. Hampir setiap tahunnya jumlah anggaran yang diperuntukan untuk Dana Desa mengalami peningkatan. 

"Inilah saatnya para generasi muda inhil terlibat langsung mengambil peran penting untuk pembangunan dan pengembangan desa melalui, Jangan terlalu membebankan pikiran dengan kata-kata Saya menang, Saya kalah. Karena Kata Menang kalah kita akan tahu setelah kita ikut serta di dalam calon pilkades nantiknya" Ucap Ucup Ucu Irul.

Tampuk kekuasaan pimpinan desa. Demi membangun sebuah desa agar lebih maju lewat inovasi dan terobosan para pemudanya. Peran generasi muda dalam pembangunan desa agar pembangunan desa dapat terstruktur dan berkelanjutan hingga generasi berikutnya.