Dinkes Inhil Perkirakan Vaksin Covid 19 Akan Tiba Pada Bulan Ini di Inhil

Jumat, 08 Januari 2021

TRANSMEDIARIAU.COM, Inhil - Dinas Kesehatan Kabupaten Inhil (Inhil) wacanakan pemberian vaksin Covid 19 akan di selenggarakan pada Januari hingga April 2021, Tembilahan, Jum'at (01/08/21).

Untuk Informasi saat ini vaksin Covid 19 masih berada di Kota Pekanbaru dan akan tiba di Inhil pada 12 Januari 2021.

"kami merencanakan pemberian ataupun penyelenggaran vaksin Covid 19 di Inhil pada pada 14 Januari - April 2020", sebut Kepala Puskesmas Gajah Mada melalui NS Matzen Kabid Pelayanan Kesehatan pada saat melaksanakan kegiatan simulasi pemberian vaksin di Puskesmas Gajah Mada Tembilahan Kabupaten Inhil. 

Pelaksanaan Pemberian Vaksin Covid 19 tersebut nantinya akan memiliki beberapa empat tahapan yaitu Pendaftaran, Skrining, Vaksinasi, pencatatan dan Observasi, yang akan dilakukan oleh petugas seperti dokter, bidan dan perawat dengan dibantu oleh 8 (delapan) orang petugas lain. 

"Jadi pada pemberian vaksin Covid 19 tersebut diberikan kepada tenaga kesehatan  pelayanan publik dan masyarakat dengan umur 18-59 tahun sesuai dengan peraturan pemakaiannya",Ujarnya. 

Lanjutnya, Pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir juga akan menunjuk 10 tokoh masyarakat yang bersedia untuk di vaksin Covid 19 terlebih dahulu. 

Lebih lanjut NS Matzen menuturkan bahwa sudah ada 38 fasilitas pelayanan kesehatan (Faskes) yang akan memberikan vaksinasi Covid 19, kepada petugas kesehatan khususnya baik  yang terjun langsung maupun yang non aksesnya termasuk sopir CS dan sebagainya, Menurut data yang terima Dinas Kesehatan Kabupaten Indargiri Hilir (INHIL) dari tanggal 5 Januari dari data manualnya, mencatat ada 3679 orang yang terdiri dari nakes dan non nakes

"jadi dengan simulasi ini kita berharap seluruh rakyat yang terlibat dalam pemberian  vaksinasi Covid 19 yang kita tunjuk mereka dapat mengerti dan paham proses pemberian vaksinasi tersebut", tutup