Sudinoto : Memajukan Pelabuhan Dapat Mempercepat Pertumbuhan Ekonomi INHIL

Kamis, 12 Desember 2019

TRANSMEDIARIAU.COM - PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 cabang Tembilahan Taja Port Community Gathering Tahun 2019 dengan mengangkat tema Sinergitas Pemerintah Daerah dan Stakeholder Terkait Dalam Kepelabuhanan Dan Logistik. Di Aula Hotel Top 5 Tembilahan, Kamis (12/12/2019).

Acara ini di laksanakan setiap tahun bisa mencapai 4 kali dalam satu tahun diberbagai cabang dan pada hari ini dilaksanakan di Cabang Tembilahan Indragiri Hilir (INHIL), dibuka secara resmi oleh Bupati INHIL HM Wardan yang di wakili oleh Asisten III RM Sudinoto.

PT Pelabuhan Indonesia I (persero) atau Pelindo 1 adalah Badan Usaha Milik Negara yang bergerak dalam bisnis kepelabuhanan diantaranya pengelola pelabuhan, marine services, dan jasa logistik, yang mengelola 17 cabang dan 6 anak perusahaan di empat provinsi di Pulau Sumatra yang membentang sepanjang selat tersibuk di dunia, Selat Malaka.

Pelabuhan Tembilahan adalah salah satunya Cabang Pelabuhan Pelindo 1 di Provinsi Riau yang berada di Muara singai Indragiri, berada di selatan cabang pelabuhan ini adalah kawasan pelabuhan Rengat dan Kuala Enak, daerah hinterland-nya memiliki potensi kelapa sawit dengan komoditas yang umumnya dikapalkan melalui pelabuhan ini antara lain adalah kopra, karet, minyak kelapa sawit, hingga moulding. Kabupaten INHIL memiliki dua dermaga yang beroperasi sampai sekarang yaitu Dermaga Kargo di Tembilahan memilik luas 60×12 m dengan kedalaman -7  LWS dan Dermaga Samudera di Kuala Enok memiliki luas 85×12 m dengan kedalaman - 10 LWS.

MR sudinoto mengatakan, Sebagai mana diketahuai sebagian wilayah INHIL merupakan perairan, maka dalam hal ini banyak memanfaatkan pelabuhan, maka dari itu pelabuhan memiliki peran penting dalam meningkatkan perekonomian kabupaten INHIL.

"Untuk itu, melalui kegiatan Port Community Gathering saya mengajak kepada semua pihak terkait terutama Pelindo 1 cabang Tembilahan untuk memanfaatkan dan memajukan pelabuhan secara maksimal guna mempercepat pertumbuhan ekonomi Kabupaten INHIL baik secara regional maupun kawasan."Ungkap Sudinoto.

editor : Andi Agus