Peningkatan Perekonomian dalam Bidang Kelapa Se Kabupaten Inhil

Rabu, 20 November 2019

TRANSMEDIARIAU.COM,TEMBILAHAN-Bimbingan Teknis peserta Training Of Trainers (TOT) serta Pembukaan pelatihan pengolahan produk industri berbahan baku kelapa di aula Puri Cendana. Rabu (20/11/2019).Pagi

pembukaan 2 kegiatan yang digabungkan menjadi satu rangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Perkebunan dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan,yang secara resmi dibuka Bapak Bupati Indragiri Hilir (Inhil) HM Wardan, yang dihadiri camat Tembilahan dan Tembilahan Hulu.

Kegiatan ini bertujuan mengembangkan bidang perkelapaan Indragiri Hilir (inhil) dan untuk mendukung program Kerja Desa Maju Inhil Jaya (DMIJ) plus terintegrasi.

Seluruh dunia saat ini sudah mengetahui bahwa Indragiri Hilir (Inhil)merupakan pengahasil atau hamparan kelapa dunia yang sangat luas.  Berdasar data pertama yang diterima oleh Bpak Bupati Indragiri Hilir (Inhil) ada sebanyak 432.000 hektar Yang terdiri dari 20 kecematan 236 Desa dan Kelurahan di tumbuhi oleh pohon kelapa.

Maka dari itu untuk meningkatkan perekonomian maysarakat Indragiri Hilir (Inhil) dibentuklah sebuah Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dalam bidang perkembangan potensi kelapa di Indragiri Hilir (Inhil).

Dengan adanya BUMDES Bupati Indragiri Hilir (Inhil) berharap masyarkat tidak lagi menjual kelapa dengan bulat atau jambul.melainkan menjualnya dengan bahan setengah jadi yang nantinya akan diolah oleh BUMDES.