Kado Manis PLN Untuk Masyarakat Selat Nenek dan Pulau Jaloh di Hari Listrik ke-75

  • Whatsapp

TRANSMEDIARIAU.COM, PEKANBARU-Menjelang hari Listrik Nasional tanggal 27 Oktober ini, PT PLN UIWRKR UP3 Tanjungpinang kembali menyalakan Pulau dengan layanan listrik dari PLN. Yaitu Pulau Jaloh, Kelurahan Pantai Gelam dan Pulau Selat Nenek, Kelurahan Temoyong. Kedua Pulau tersebut berada di kecamatan Bulang -Kota Batam.

Sebelumnya listrik di Pulau Jaloh yang dihuni sekitar 200 KK dan Pulau Selat nenek dihuni 180 KK pengelolaan listriknya bersifat swadaya dari masyarakat sendiri, dengan nyala 5 sampai 7 jam setiap malam.

Pada tanggal 5 Oktober 2020 PLTD di Pulau selat nenek dan jaloh siap beroperasi setelah diresmikan oleh manager PT PLN (Persero) UP3 Tanjungpinang Suharno,S.T. dan Manager PT PLN (Persero) UP2K Kepulauan Riau Yuniar Budi Satrio didampingi oleh Lurah setempat.

Provinsi kepulauan Riau yang pelayanan listriknya masuk dalam daerah pelayanan PLN UIWRKR memiliki pulau sebanyak 2.408 pulau dimana sebanyak 385 pulau berpenghuni penduduk.

Dengan beroperasinya PLTD di dua desa tersebut menambah lagi jumlah pulau yang dialiri listrik oleh PLN. Dari 76 pulau menjadi 78 pulau saat ini yang mendapat aliran listrik dari PLN.

“Masyarakat desa selat nenek dan Jaloh kini sudah merasakan kemerdekaan yang sesungguhnya setelah sekian lama belum merasakan terangnya listrik dari PLN. Saat ini kami bisa beraktifitas siang dan malam hari, anak-anak bisa belajar pada malam hari tanpa merasakan gelap seperti sebelumnya. Bisa mengawetkan tangkapan ikan di kulkas, ” imbuh Arfin Sekertaris Lurah Temoyong.

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Riau dan Kepulauan Riau Dispriansyah menyampaikan PLN akan terus berjuang melistriki seluruh desa di Provinsi Riau dan Kepulauan Riau .”Alhamdulilah dengan dioperasikannya dua PLTD di desa tersebut tentu sangat memberikan manfaat bagi masyarakat setempat, PLN tetap berkomitmen menjalankan dan mendukung program pemerintah yang salah satunya bidang kelistrikan yaitu melistriki desa-desa diseluruh Indonesia guna meningkatkan kesejahteraan bagi rakyat Indonesia,” tutup Dispriansyah.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *