Mahasiswa UNRI KKN Tematik Revolusi Mental 2019 Lakukan Pelatihan PKK Desa Kadur, Rupat Utara Dalam Pengolahan Ikan Menjadi Nugget

  • Whatsapp

TRANSMEDIARIAU.COM – Mahasiswa UNRI KKN Tematik Revolusi Mental 2019 di Desa Kadur, Kecamatan Rupat Utara, Kabupaten Bengkalis, Riau mengadakan pelatihan pengolahan ikan menjadi nugget kepada ibu – ibu Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di Desa Kadur.minggu(21/7/2019).

Kegiatan kerja sama dengan PKK di Desa Kadur tersebut guna menyukseskan program kerja Mahasiswa UNRI KKN Tematik Revolusi Mental 2019 juga memberikan ilmu pengetahuan pengolahan makanan kepada kelpompok PKK di Desa tersebut.

“ Mudah – mudahan dalam pelatihan pembuatan nugget dari ikan ini sekiranya dapat membantu peluang usaha bagi ibu rumah tangga, tidak hanya sebagai peluang usaha saja melainkan dapat dimanfaatkan untuk menambah daya tarik anak dalam mengkonsumsi makanan yang bergizi dalam variasi yang berbeda,” ujar Normah Ketua PKK setempat.

Sementara, Koordinator Desa Kukerta UNRI Desa Kadur, Rupat Utara 2019 Alhadid Yudhatama menyampaikan pelatihan dapat memberikan manfaat dan memberi inspirasi kepada ibu-ibu rumah tangga membuka yang ingin membuka usaha di rumah.

Disampaikan langsung oleh Sonia Kamalia sebagai penangung jawab dalam pelatihan pengolahan nugget dari ikan. Dimana Sonia Kamalia adalah mahasiswa Fakultas Perikanan dan Kelautan jurusan Manajemen Sumberdaya Perairan. Pada pelatihan kali ini, Mahasiswa UNRI KKN Tematik Revolusi Mental 2019 dapat mengunakan ikan tengiri sebagai bahan dasar dalam pembuatan nugget.

“Jadi, Bu, nugget ini tidak harus menggunakan ikan Tenggiri, bisa juga menggunakan ikan lain seperti ikan Parang, ikan Tongkol, udang dan ikan lainnya serta harga yang ekonomis dari pada ikan Tenggiri,” ucap Sonia.

Selanjutnya Sonia dan rekan-rekan Mahasiswa UNRI KKN Tematik Revolusi Mental mendemonstrasikan hasil pembuatan nugget kepada ibu PKK yang berkesempatan hadir. Setelahnya tim juga memberi arahan cara pemfilletan ikan, proses penggilingan daging ikan, proses pembuatan nugget serta proses pelumuran tepung panir dan penggorengannya. Usai nugget selesai di goreng kemudian kami mencoba bersama-sama.

Mahasiswa UNRI KKN Tematik Revolusi Mental 2019 Desa Kadur berharap, pelatihan ini dapat memberikan manfaat dan pengetahuan baru bagi ibu – ibu dalam hal mengelola hasil laut yang melimpah serta mudah di dapatkan. Sehingga nantinya dapat membantu memperbaiki kondisi perekonomian keluarga dan pemasukkan keuangan kelompok PKK Desa Kadur, apabila dipasarkan.

Mahasiswa UNRI KKN Tematik Revolusi Mental 2019 Melakukan Kunjungan Salah Satu Potensi Desa Kadur yaitu Madu Kelulut

Mahasiswa UNRI KKN Tematik Revolusi Mental 2019 di Desa Kadur, Kecamatan Rupat Utara, Kabupaten Bengkalis, Riau melakukan kunjungan ke salah satu petani madu kelulut yang ada di Desa Kadur. Kegiatan tersebut dilakukan pada tanggal 23 Juli 2019, di kediaman Bapak Jafar yang merupakan salah satu pemilik budidaya madu kelulut.

Madu kelulut bagi sebagian orang mungkin terasa asing didengar. Madu ini memiliki ciri khas dengan rasa manis bercampur masam. Bentuk sarangnya unik tidak seperti lebah biasa. Bentuknya seperti susunan bukit – bukit berukuran kecil dan bergelombang.

Peningkatan hasil madu kelulut terdapat perkembangan yang sangat besar apabila terjadi musim bunga, namun apabila kurangnya musim bunga maka dalam hasil produksi madu kelulut itu sendiri akan berkurang. Pada saat ini kendala utama dalam memproduksi madu kelulut ini yaitu lebah kelulut yang sulit di kembang biakkan, sehingga di khawatirkan populasi lebah kelulut akan semakin berkurang.

“Madu kelulut ini biasanya dipanen sebulan sekali ketika musim bunga datang. Hasil produksi madu kelulut ini cukup banyak setiap bulannya. Namun yang kami khawatirkan populasi lebah kelulut itu akan semakin berkurang dan hasil produksi madu kelulut tidak ada lagi. Kami sudah mencoba untuk mengembang biakkan lebah kelulut tersebut tetapi mengalami kegagalan,” Ujar pak Jafar.

“Jenis madu ini memiliki khasiat yang sudah terbukti, baik dari nilai gizi yang dirasakan para pemakainya,” ujar pak candra

Hal ini disebabkan karena madu kelulut mengandung beberapa jenis vitamin, mineral dan enzim. Selain itu, madu ini memiliki khasiat yang tinggi bagi kesehatan, antara lain: meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah stroke, memperkuat fungsi otak, maag dan jantung

Mahasiswa UNRI KKN Tematik Revolusi Mental 2019 Desa Kadur berharap dalam kunjungan ini dapat memberikan manfaat dan memperluas informasi mengenai pembudidayaan madu kelulut, terutama bagi para peneliti untuk dapat meneliti lebah kelulut sehingga dapat di kembangbiakkan. Pemasaran madu kelulut saat ini cukup pesat di daerah sekitaran desa Kadur. Harapan untuk kedepannya agar pemasaran madu kelulut sampai keluar daerah dan dapat menjadi oleh-oleh khas dari Desa Kadur.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *