Mantap! Nominasi Anugerah Pesona Indonesia 2019, Terdapat Event Wisata Sampan Leper Inhil Salah Satunya

  • Whatsapp

TRANSMEDIARIAU.COM – Pacu Sampan Leper yang dilaksanakan setiap satu tahun ini dilaksanakan di Sungai Indragiri tepatnya di Sungai Luar , Kelurahan Tembilahan Hilir, Kecamatan Tembilahan.

Salah seorang tokoh masyarakat di Tembilahan bercerita tentang sejarah singkat lahirnya Sampan Leper itu. Dulu katanya, di kawasan Pekan Arba merupakan tempat rekreasi bagi mayarakat Kota Tembilahan, karena lokasinya ini berdekatan dengan Kota Tembilahan. Kawasan ini terdapat di pinggir Sungai Batang Sebatu yang dari tahun ke tahun mengalami pendangkalan dan mengakibatkan hubungan/transportasi antara Pekan Arba dengan desa-desa seberangnya menjadi sulit.
Karena sulitnya hubungan ini, maka masyarakat berusaha mengatasinya dengan membuat sampan atau perahu yang berbentuk leper atau rata di bagian bawahnya dan dapat berjalan serta meluncur di pantai lumpur maupun di atas air, sehingga sampai sekarang dijadikan sebagai alat transportasi.
Pacu Sampan Leper ini diselenggarakan oleh Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata Kabupaten Indragiri Hilir (inhil), maka sebaliknya untuk Pacu Sampan Leper.
Sampan leper ini merupakan perahu yang memiliki ukuran 1 x 3 meter dengan lantai dasar yang memiliki permukaan pipih dan datar. Hal itu sebagai penyesuaian agar dapat digunakan di atas air maupun lumpur.
Kini Melaui Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Riau, Fahmizal Usman, di beberapa media mengatakan, tujuh dari 18 kategori usulan provinsi Riau berhasil masuk nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) 2019.

Panitia akan mengadakan polling melalui Short Massage Service (SMS) yang dimulai 1 Juni sampai dengan 31 Oktober 2019 untuk mencari pemenangnya.

“Harapan kita ketujuh-tujuh nominasi itu bisa menang. Karena itu kita berharap kepada masyarakat mengirim SMS sebanyak-banyaknya untuk masing-masing kategori nominasi,” harapnya.

Selain dukungan masyarakat, Fahmizal berharap masing-masing kabupaten yang masuk nominasi API 2019 juga melakukan upaya pengumpulan polling SMS itu.

dari Tujuh nama masuk nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) 2019 adalah ada nama Sampan Leper yang juga menjadi budaya kebaganggan Masyarakat Inhil.

Untuk itu Bagi Masyarakat Inhil dan Riau, Bisa Mendukung dengan cara SMS dibuka mulai 1 Juni sampai 31 Oktober 2019. Berikut daftar tujuh nominasi API 2019 dan cara mengirim polling SMS:

1. Makanan Tradisional Terpopuler; Kue Talam Durian-Pekanbaru, ketik API 1F kirim ke 99386

2. Olahraga&Petualangan Terpopuler; Lari Tual Sagu-Kabupaten Kepulauan Meranti, ketik API 7C kirim ke 99386

3. Ekowisata Terpopuler; Swaka Marga Satwa Kerumutan-Kabupaten Pelelawan, ketik API 9I kirim ke 99386

4. Dataran Tinggi Terpopuler: Suligi Hill-Kabupaten Rokan Hulu, ketik API 10J kirim ke 99386

5. Atraksi Budaya Terpopuler; Sampan Leper-Kabupaten Indragiri Hilir, ketik API 11I kirim ke 99386

6. Destinasi Baru Terpopuler; Tepian Bandar Sungai Jantan-Kabupaten Siak, ketik API 17J kirim ke 99386

7. Surga Tersembunyi Terpopuler; Gulamo-Kabupaten Kampar, ketik API 18C kirim ke 99386

Editor: Ucu

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *