Indahnya Pantai Tenggayun Laksamana Raja di Laut, Destinasi Wisata Alam Samudera

  • Whatsapp

TRANSMEDIARIAU.COM, Sore itu Ahad (1/7/2018), puluhan masyarakat terlihat asyik menikmati alam pantai di Desa Api-api, Kacamatan Bandarlaksmana, Kabupaten Bengkalis atau daerah yang dikenal dengan Kota Terubuk ini.

Hembusan angin pantai terasa sejuk sore itu. Waktu menunjukkan pukul 16.25 WIB, pengunjung begitu menikmati hembusan angin pantai dan deru ombak laut.

Air saat itu memang surut, sehingga banyak pengunjung berlarian diatas tanah berpasir. Kaum muda mudi juga begitu asyik selfi. Dengan latar belakang pantai, air laut, dan deru ombak.

Ada juga yang melakukan kegiatan memancing dari atas rumah papan yang sengaja dibangun warga sekitar. Ada juga yang berenang, mandi, naik Speed dan bermain bola pantai.

Nama lokasi itu Wisata Tenggayun. Pantai Tenggayun tampaknya masih menjadi tempat pariwisata yang disenangi oleh pengunjung lokal, maupun daerah tetangga.

Pemandangan itu terlihat ketika suararaya.com bersama dengan Ketua DPD Aliansi Jurnalis Online (AJOI) Alexander Pranoto didampingi Sekretaris Puncak.

Menurut penuturan warga sekitar, Herman, dalam beberapa hari lebaran, pengunjung meningkat. Jumlahnya bisa mencapai ribuan pengunjung.

Pada tahun ini pedagang menyediakan makanan dan minuman bagi pengunjung pun makin ramai, agar pengunjung bisa belanja dan makan minum di sini, tidak perlu keluar. Begitu pula wahana permainan diperbanyak.

“Ribuan pengunjung  per hari pas hari raya Idul Fitri. Tak kalah baguslah bang, dengan lokasi wisata lain pantai Tenggayun ini,”ujarnya kepada suararaya.com.

Sementara itu Ketua DPD AJOI Riau, Alexander Pranoto mengatakan, jika dikelola dengan baik Pantai Tenggayun tidak hanya menjadi destinasi wisata saja, tapi memberikan kesejahteraan ekonomi bagi masyarakat sekitar.

Lihat saja, kata Alexander, pantainya bagus. Jika ingin lokasi Pantai Tenggayun memberikan income atau pendapatan bagi masyarakat sekitar, langkah awal yang harus dilakukan berikan rasa nyaman dan aman pengunjung.

Kemudian, pemerintah hendaknya menata lokasi ini. Tempat kuliner, pemandangan indah, hijau, rumah inap untuk pengunjung harus bisa difikirkan penataannya.

Dengan begitu, tidak hanya pada hari libur saja, lokasi Pantai Tenggayun bisa menjadi tempat mengasyikkan bagi turis manca negera.

“Itu usulan saya. Saya saja melihat begitu indah Pantai Tenggayun ini. Apalah lagi kalau dikelola dengan baik. Lokasi nya sama dengan tempat wisata di Thailand dan Malaysia,”ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris DPD AJOI Riau, Puncak menyebutkan, terlihat banyak lahan kosong yang berdekatan dengan pantai.

Bila itu dibangun tempat kuliner, rumah inap, dan ada lokasi menikmati alam dengan berkeliling pantai, tentu menambah asyik lagi lokasi ini.

“Lokasi Pantai Tenggayun indah loh. Alamnya cukup bagus. Tinggal memoles saja,”jelas dia.

Disisi lain, terlihat sampah berserakan ditepian jalan. Sampah botol mineral, plastik, dan jenis lainnya terlihat memberikan pemandangan tidak baik.

Pantauan suararaya.com, tidak terlihat tempat pembuangan sampah. Kondisi ini mungkin yang membuat sampah dibuang saja sembarangan.***

 

Editor: Irul

Sumber: Suararaya.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *